BOLMONG – Dinas Sosial Kabupaten Bolaaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan kegiatan pelatihan kursus mengemudi bagi anak terlantar di Desa Muntoi Timur Kecamatan Passi Barat, Senin (06/07/2020).

Kegiatan kursus mengemudi yang di ikuti oleh kurang lebih 20 orang peserta tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Rifal Mokodompit, mewakili Kepala Dinas Sosial Bolmong.

Menurut Mokodompit, program bantuan kursus mengemudi ini merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah bagi anak terlantar sesuai dengan mandat UUD 1945 Pasal 34 ayat 1 yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak terlantar di pelihara oleh negara.

“Program ini telah tertata di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Dinas Sosial Tahun 2020. Kegiatan ini juga terlaksana berdasarkan usulan Pemerintah Desa Muntoi Timur,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa sedikitnya 20 peserta yang usulan Pemerintah Desa Muntoi Timur mengikuti pelatihan keterampilan selama 10 kali pertemuan.

“Pelatihan ini dilakukan 10 kali pertemuan. Jadi harinya tak menentu, jika sehari digelar 2 kali pertemuan maka pelatihan ini berjalan 5 hari,” jelasnya.

Terpisah, Sangadi Desa Muntoi Timur Bahrudin Mokodompit, mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati Bolaang Mongondow yang telah membantu dalam pemberdayaan anak-anak di Desa Muntoi Timur.

“Terima kasih Pemkab Bolmong, karena telah mengakomodir usulan kami, dengan memberikan pelatihan kursus mengemudi di Desa kami. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat,” ucapnya.

Diketahui, bantuan yang akan diterima oleh peserta yakni keterampilan mengemudi serta mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan sertifikat Mengemudi .