BAGIKAN

BOLMONG – Dinas Sosial Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bolmong, menyelenggarakan sosialisasi tentang bahaya Narkoba dan Obat-obat terlarang.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Rabu, (23/10/2019) bertempat di Desa Bolangat, Kecamatan Sangtombolang tersebut, merupakan sosialisasi tentang dampak serta pengaruh bagi kesehatan fisik maupun mental, serta akibat yang di timbulkan oleh barang haram tersebut.

Kepala Dinas Sosial, Abdul Haris Bambela, menyampaikan, sosialisasi ini sangat penting terutama bagi generasi muda. “Generasi muda dikenal memilki emosi yang labil, sehingga sangat mudah terpengaruh serta rentan terjerumus dalam penggunaan Narkoba,” Ujar Haris.

Haris mengungkapkan, bahwa sosialisasi bahaya Narkoba ini sangat penting dilaksanakan di Kecamatan Sangtombolang, karena terletak di wilayah pesisir pantai.

“Apalagi pesisir pantai Sangtombolang yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina. Sehingga akses penyelundupan Narkoba, bisa saja terjadi,” ungkap mantan Camat Lolak ini.

Sementara itu, Kepala BNN Bolmong, AKBP Yuli Setiawan, mengatakan, paling banyak kasus Narkoba ini, hampir rata-rata dari kalangan anak muda maupun remaja. Alasannya beragam kata Yuli.

“Awalnya coba-coba menggunakan narkoba, dikarenakan ada permasalahan yang dihadapi, serta pengaruh lingkungan pergaulan dan gaya hidup,” Ucap Yuli.

Akhirnya mengakibatkan menurunnya kondisi kesehatan, hilangnya kreativitas serta mulai terganggu semua aktivitas pekerjaan maupun pendidikan.
“Upaya pencegahan bahaya Narkoba, dimulai dari lingkungan tedekat. Mulai dari keluarga, lingkungan pergaulan, lingkungan pendidikan baik di sekolah dan organisasi,” Ucap Yuli

Ia menambahkan, agar jangan hanya berhenti disini. Kita harus rajin mensosialisasikan bahaya serta dampak Narkoba ini kepada seluruh lapisan masyarakat, imbuh Setiawan.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sangtombolang, Bagian Hukum, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Dinas Kesehatan Pemkab Bolmong serta masyarakat.