BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona atau yang disebut Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam melakukan pencegahan penyebaran virus ini, Pemkab Bolmong melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Erman Paputungan, menyampaikan, bahwa hari ini Selasa (24/3/2020) Dinkes melakukan penyemprotan cairan disinfektan ditempat umum, seperti rumah ibadah dan fasilitas umum lainnya.

“Ya, hari hari ini kita semua gerakkan puskesmas yang ada di Bolmong untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan ditempat umum,” kata Erman.

Ia mengimbau, agar masyarakat juga melakukan pencegahan secara mandiri dengan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan. Apalagi kata dia, penyemprotan cairan desinfektan seperti ini akan maksimal bila dilakukan setiap tiga kali sehari.

“Kita sudah menunjukkan caranya, mulai dari bahan campuran cairan yang digunakan. Jadi tinggal masyarakat dan pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan yang melakukannya, agar pencegahan dapat lebih efektif,” ungkapnya.

Ia berpesan, agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah. Jangan dulu keluar rumah, jaga kebersihan dengan menerapkan pola hidup sehat, serta rajin mencuci tangan.

“Hindari interaksi dengan banyak orang. Menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain atau social distancing. Karena kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini,” tandasnya.