BOLMONG – Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Programme for International Student Assessment (PISA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar).

Bimtek yang dilaksanakan di Grandwhiz Hotel Manado tersebut, di ikuti oleh sejumlah guru dan pemangku kepentingan diseluruh Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Sulawesi Utara, selama 4 hari, mulai dari tanggal 15 sampai dengan 18 Oktober 2020.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Kepala Bidang Dikdas, Abdulrivai Mokoagow, menjelaskan, bahwa PISA (Programme for International Student Assessment) adalah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika dan sains.

Dimana, Kemendikbud bekerjasama dengan survei evaluasi sistem pendidikan di dunia yang mengukur kinerja siswa kelas pendidikan menengah. “Ini program Kemendikbud dan sudah mulai dilaksanakan di seluruh wilayah di Indonesia,” kata Rivai menjelaskan.

Kegiatan ini lanjut Rivai, sudah mulai diuji cobakan simulasinya di Kabupaten Bolaang Mongondow dan sudah ada dua sekolah yang kita pilih untuk melaksanakan simulasi tersebut dengan 4 guru mata pelajaran. Masing-masing 2 orang guru Bahasa Indonesia dan 2 guru Matematika. “Awal bulan oktober kita sudah laksanakan simulasi,” ungkap Mokoagow.

Sementara itu, Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta Didik, Subagio Manggopa, yang mengikuti langsung Bimtek di Manado, mengatakan, bahwa penekanan dari Bimtek agar kegiatan PISA ini harus betul-betul dilaksanakan di seluruh daerah. Sehingga itu, masing-masing Kabupaten/Kota sudah membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk dilaksanakan di daerahnya masing-masing.

“Kita sudah membuat RTL-nya, dan itu akan kita optimalkan di daerah Kabupaten Bolmong,” pungkas Subagio.

Sebagai informasi, bahwa pelaksanaan sosialisasi video conference dan tatap muka di Kabupaten Bolaang Mongondow dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020. Simulasinya dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Oktober 2020 di SMP Negeri 5 Bolaang dan SMP Negeri 8 Dumoga.

Sedangkan, Bimbingan Teknis dan evaluasi dilaksanakan di Manado tanggal 15 -18 Oktober yang dihadiri oleh Kepala Seksi, Helpdesk Kabupaten, Ketua MKKS, Guru SMP Negeri 5 Bolaang dan SMP Negeri 8 Dumoga.