BAGIKAN

BOLMONG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Selasa (06/10/2020) memberikan pelatihan terkait penggunaan aplikasi E-Dokumen kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) di Aula Kantor Bupati, Selasa (06/10/2020).

Kepala Dinas Kominfo Bolmong, Parman Ginano, mengatakan, bahwa penggunaan aplikasi E-Dokumen ini sangat membantu sistem birokrasi untuk mempermudah pengurusan administrasi. Namun, tidak semua dokumen yang bisa ditandatangani menggunakan aplikasi yang memfasilitasi penandatanganan dokumen secara elektronik tersebut, seperti yang berkaitan dengan perijinan.

“Hanya dokumen-dokumen yang non perizinan. Karena yang dokumen perizinan itu menggunakan aplikasi tersendiri. Dinas yang bertugas soal perizinan ini tetap juga menggunakan E-Dokumen untuk kebutuhan yang lain,” ungkap Parman, sembari menambahkan, untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) itu menggunakan dua aplikasi.

Ia mengungkapkan, pelatihan ini diberikan kepada staf dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena dalam aplikasi tersebut tersedia informasi tentang riwayat serta perjalanan setiap proses administrasi yang ditandatangani.

“Dalam aplikasi itu, nantinya akan ada informasi mengenai dokumen itu siapa yang mengurusnya, sampai dengan menandatangani dokumen. Oleh karena itu, Kepala OPD dilibatkan dalam pelatihan itu,” jelas Ginano.

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Bolmong, Andry Mamonto, menambahkan, aplikasi E-Dokumen sudah dijalankan oleh 28 pejabat eselon II dan III di masing-masing OPD.

Menurut dia, pelatihan ini dibuat untuk sharing informasi terkait manfaat dan kegunaan aplikasi e-dokumen. Untuk OPD yang belum terlalu menguasai penggunaan aplikasi tersebut, pihaknya siap untuk memfasilitasi.

“Pelatihan itu kita gelar untuk sharing informasi dengan OPD mengenai penggunaan aplikasi E-Dokumen. Kalau masih ada OPD yang bertanya, atau ada yang kurang, bisa langsung datang ke Kantor Kominfo. Kami siap memfasilitasinya,” ucap dia.