BAGIKAN

BOLMONG – Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 mulai disalurkan. Desa Kopandakan II, merupakan Desa yang pertama di Kecamatan Lolayan, menyalurkan BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2020 kepada warga penerima manfaat, Kamis (30/4/2020) di balai desa Kopandakan II.

Dalam penyaluran bantuan tersebut, pemerintah desa Kopandakan II membaginya dalam dua gelombang. Untuk penerima gelombang pertama yakni pukul 09.00 wita dan gelombang kedua pukul 10.30 wita.

Kepala Desa Kopandakan II Marwan Palakum, mengatakan, untuk proses penyaluran BLT kepada warga penerima manfaat sengaja dibuat dalam dua gelombang, hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan.

“Tekhnis pembayaran BLT dana desa nenerapkan physical distancing (jaga jarak minimal 2 meter) sehingga pembayaran dilakukan dua gelombang,” ujar Marwan.

Desa Kopandakan II Salurkan BLT Dana Desa kepada Penerima Manfaat Bolmong Headline Terkini

Selain itu kata Marwan, pihaknya juga menyiapkan tempat cuci tangan dan para penerima manfaat harus menggunakan masker. Jika tidak memiliki masker/belum mendapatkan masker maka dapat menghubungi ketua RT masing-masing.

“Penerima di desa Kopandakan Dua berjumlah 89 kepala keluarga, masing-masing menerima 600 ribu per kepala keluarga,” kata Marwan.

Ia menambahkan untuk penerima sendiri merupakan perwakilan kepala keluarga yang berhak menerima. Data penerima diambil berdasarkan persyaratan yang dikeluarkan Kemensos.

“Sebelum data penerima dirampungkan, pemerintah desa melakukan musyawarah bersama BPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk menentukan siapa saja yang berhak menerima sesuai dengan persyaratan,” jelas Marwan.

Diketahui, dari 15 Kecamatan dan 200 Desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow, sudah ada beberapa Desa yang menyalurkan BLT kepada masyarakat penerima manfaat.