BAGIKAN

BOLMONG – Program pasar murah yang di laksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masih akan terus berlanjut.

Sebelumnya pasar murah ini sukses digelar di 6 Kecamatan, yaitu Kecamatan Lolak, Kecamatan Poigar, Kecamatan Bolaang Timur, Kecamatan Bolaang, Kecamatan Sang Tombolang dan Kecamatan Passi Barat.

“Ya, Tahap 1 pasar murah di 6 kecamatan telah selesai,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, I Nyoman Sukra.

Sedangkan untuk pasar murah tahap dua ini, akan digelar di kecamatan Passi Timur, kecamatan Dumoga, kecamatan Dumoga Barat, dan kecamatan Dumoga Tenggara.

Sukra menyampaikan, persentase pasar murah tahap 1 mencapai angka 90%. “Jumlah persediaan yang kita bawah di setiap titik pasar murah memang cukup variatif, yakni dari 1,3 ton hingga 7,5 ton. Namun bila dihitung persentase keberhasilannya, bisa mencapai 90% karena jumlah beras yang tersisa hanya sedikit,” ungkapnya.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya akan menggelar pasar murah tahap 2 pada pekan ini. “Kita akan gelar tahap 2, apabila ini berhasil maka akan dapat dipastikan pasar murah berlanjut pada tahap berikutnya,” jelas Sukra.

Lanjutnya, pasar murah ini akan tetap bekerjasama dengan Bulog dan 4 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang kemarin sempat bekerjasama pada pasar murah tahap 1. “Kita akan tetap kerjasama dengan Gapoktan yang kemarin, karena masing-masing Gapoktan tersebut punya stok beras sekitar 50 ton,” imbuhnya.