Jakarta – Senator RI dapil Sulawesi Utara (Sulut), Cherish Harriete Mokoagow, Kamis (27/2/2020) menyampaikan aspirasi masyarakat, terkait pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Sulawesi Utara. Aspirasi tersebut disampaikan Cherish, setelah paripurna penutupan masa sidang II 2019 – 2020, sore tadi digedung Senayan DPD RI.

“Saya telah bertemu Ketua Komite I DPD RI, Bapak H. Fachrul Razi, M.I.P, untuk menyampaikan aspirasi dari masyarakat dapil Sulut, terkait pembentukan Daerah Otonom Baru di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Cherish.

Cherish berharap, Komite I DPD RI dapat mengagendakannya di dalam pembahasan pada masa sidang selanjutnya. Meskipun kran pembentukan Daerah Otonom Baru belum dibuka oleh pemerintah.

“Saya tentu menyadari, proses pembentukan DOB saat ini masih terganjal oleh moratorium pemerintah, tetapi hal tersebut tidak berarti membuat kita mesti diam berpangku tangan,” kata Cherish.

Menurutnya, apa yang menjadi aspirasi dan kehendak masyarakat wajib disuarakan. Karena ini adalah amanat dan kehendak rakyat yang sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai perwakilan dari daerah Provinsi Sulawesi Utara.

“Saya secara pribadi akan menjadikan agenda tersebut sebagai prioritas, walaupun hal tersebut bukanlah tupoksi saya sebagai anggota Komite IV DPD RI. Tekad dan komitmen saya senantiasa tegak lurus dengan apa yang menjadi kehendak masyarakat,” pungkas Cherish.

Sebagaimana yang diketahui, dalam Paripurna DPD RI tanggal 6 Oktober 2016 telah diputuskan 173 calon DOB, termasuk di dalamnya 7 usulan daerah otonom baru dari Provinsi Sulawesi Utara.

Ketujuh daerah usulan tersebut adalah:
1. Provinsi Bolaang Mongondow Raya
2. Kota Langowan
3. Kabupaten Tahuna
4. Kabupaten Talaud Selatan
5. Kabupaten Minahasa Tengah
6. Kabupaten Minahasa Barat
7. Kabupaten Bolmong Tengah