BOLMONG – Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti, bersama dengan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) pada Selasa (17/11/2020). Setalah kemarin Senin (16/11), rombongan telah berada di Kota Kotamobagu dan keesokan harinya dilanjutkan kunjungan ke Kabupaten Bolmong.

Kunjungan kerja Ketua DPD RI bersama rombongan itu, merupakan rangkaian lawatan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Untuk Bolaang Mongondow Raya (BMR), ini merupakan kunjungan pertama kali oleh Ketua DPD RI pasca dilantik. Kunjungan tersebut adalah bagian dari nazar Senator asal Sulut Chresih Harriete Mokoagow untuk menghadirkan pimpinan DPD RI datang ke BMR.

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti bersama rombongan disambut oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolmong, Forkompinda, yang dirangkaikan dengan prosesi adat di Rumah Dinas Bupati, Desa Lalow Kecamatan Lolak.

Cherish Harriete Mokoagow, mengatakan, bahwa kunjungan Ketua DPD RI bersama rombongan ke Bolmong, sekaligus menyerap aspirasi warga BMR. Salah satunya soal kerinduan untuk mewujudkan Provinsi BMR sebagai daerah otonomi baru.

“Ini nazar saya setelah dilantik untuk mengundang Ketua DPD RI ke Sulut, khusunya di BMR. Sebab selain untuk melihat kondisi BMR, agar cita-cita rakyat BMR yang terus diperjuangkan bisa tercapai, yakni pemekaran Provinsi BMR. Kunjungan ini juga, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat BMR pada masa sidang tahun depan,” ujar Cherish.

Dalam kunjungan tersebut, ketua DPD RI serta rombongan menyempatkan diri untuk melihat potensi dan kondisi daerah Bolmong. Apa terlebih saat sekarang Bolmong telah ditetapkan menjadi kawasan industri di Provinsi Sulut. Yang diberi nama Kawasan Industri Mongondow atau KIMONG.

“Ini perlu dikawal. Sebab akan menjadi keuntungan tersendiri bagi daerah, khususnya rakyat BMR ketika KIMONG beroperasi, yang tentunya akan menguntungkan bagi para pencari kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, saat memberikan sambutan mengaku bersyukur dengan kunjungan para Senator yang langsung dipimpin Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.
Yasti mengatakan, kunjungan para Senator di BMR sekaligus akan menjawab cita-cita rakyat BMR terkait pembentukan Provinsi BMR sebagai daerah otonom baru.

“Ada harapan besar dari rakyat BMR terkait dengan kunjungan ini. Semoga Pak Ketua DPD RI bersama para Senator yang datang ke Bolmong, akan mampu mengawal cita-cita rakyat BMR,” ucap Yasti.

Di hadapan para Senator, Yasti juga memaparkan soal masuknya investasi besar di Kabupaten Bolmong. Ia mengungkapkan, PT KIMONG salah satu perusahan yang telah menginvestasikan dana triliunan rupiah untuk menghadirkan ribuan pabrik.

Menurutnya, kehadiran PT KIMONG akan memberikan dampak positif ekonomi di BMR. Ia berharap kunjungan ini, akan menjawab kerinduan dan cita-cita dalam menyongsong pemekaran Provinsi BMR ke depan.
Sebagai informasi juga bahwa dalam kunjungan tersebut, turut hadir juga Ketua Presidum Pemekaran Provinsi BMR, Abdullah Mokoginta, yang menyerahkan dokumen pemekaran kepada Ketua DPD RI Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Dalam kunjungan kerja tersebut, ketua DPD RI didampingi oleh sejumlah Senator. Seperti, Senator asal Lampung Bustami Zainudin, Asyera Respati A. Wundalero senator asal Nusa Tenggara Timur, Cherish Harriete Mokoagow Senator Sulut, Ahmad Basir senator asal Kalimantan Timur, Djafar Alkatiri senator asal Sulut, Zainal Arifin Senator asal Kalimantan Timur, Ibnu Halil senator asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Abdul Azis senator asal Sumatera Selatan, Eni Sumarni Senator asal Jawa Barat, Fadhil Rahmi senator asal Aceh, Wa Ode Rabia Al Adawia senator asal Kendari, Jialyka Maharani senator asal Sumatera Selatan, dan Senator Stefanus BAN Liow Senator asal Sulut .