BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (18/09/2020) mengikuti Rakor (rapat koordinasi) bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI.

Rakor yang berlangsung secara virtual melalui video conference (Vicon) di D Talaga Resto itu, dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) masing-masing Kapolres Bolmong, Dandim 1303, Kejari, dan Bawaslu serta KPU Bolmong.

Asisten I bidang pemerintahan Setda Bolmong, Deker Rompas, yang turut hadir mendampingi Bupati dalam Rakor tersebut, mengatakan, bahwa rapat bersama dengan Menkopolhukam itu adalah membahas terkait penegakkan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Rakor tersebut kata deker dipimpin langsung oleh Menkopolhukam, Mahmud MD. “Rakor membahas terkait penegakkan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada. Selain Menko, yang ikut pada Rakor tersebut masing-masing, Mendagri, Bawaslu RI, KPU RI, Jaksa Agung, Kepala BNPB, mewakili panglima TNI serta Kapolri dan BIN” kata Deker.

Mahfud MD dalam arahannya mengatakan, bahwa dalam pelaksanan Pilkada serentak diminta kepada masing-masing daerah agar dapat menciptakan kerukunan masyarakat, menjaga nilai-nilai demokrasi, serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, Menkopolhukam juga menyampaikan, dalam mengawal pelaksanaan Pilkada, agar dilakukan pendekatan dengan membangun sinergi antar aparat hukum maupun institusi-institusi administratif birokrasi. Disamping itu, perlu adanya ketegasan dan konsistensi penindakan dalam rangka penegakan hukum dalam setiap pelanggaran. Ia juga menginginkan, agar dilakukannya publikasi tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh suatu Daerah dalam Pelaksanaan Pilkada.