BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Dewan Perwakilan Rakyat Deaerah (DPRD) telah menyepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahun Anggaran 2020.

Kesepakatan antara pihak Eksekutif dan Legislatif ini, dibuktikan dalam rapat paripurna dengan agenda penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS APBD-P yang diselengarakan di ruang rapat paripurna gedung DPRD Bolmong, Senin (05/10/2020).

Rapat paripurna tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekretsris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, Assisten II dan III, pimpinan OPD, Ketua DPRD Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sukron Mamonto, bersama dengan anggota DPRD.

Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling, saat memimpin jalannya paripurna, menyampaikan, bahwa KUAPPAS ini sudah melalui tahapan pembahasan dengan Badan Anggaran (Banggar) bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Agenda hari ini adalah rapat paripurna penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS antara pihak DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong,” kata Welty.

Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow, dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa rapat paripurna hari ini, merupakan lanjutan dari pembahasan antara Banggar DPRD bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah, dalam memformulasikan kembali KUA-PPAS Perubahan APBD yang akan menjadi bagian dalam penyusunan rancangan peraturan daerah, tentang perubahan APBD Kabupaten Bolmong tahun anggaran 2020.

“Tahapan penyusunan kebijakan umum perubahan anggaran serta prioritas dan plafon anggaran perubahan tahun anggaran 2020, merupakan langkah penting yang harus dilakukan untuk menyesuaikan dinamika perkembangan dan perubahan yang terjadi, guna memaksimalkan pencapaian target prioritas pembangunan daerah yang belum tercapai atau belum terealisasi, di sisa tahun anggaran berjalan,” ujar Yasti.

Bupati Yasti juga dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD, atas berbagai upaya dan kerja sama yang baik dalam melaksanakan pembahasan, sehingga pada hari ini dapat disepakati dan ditandatangani bersama.

“Kepada tim anggaran pemerintah daerah serta seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bolmong, hendaknya menjadikan dokumen ini sebagai pedoman dan acuan, dalam menyusun ranperda tentang perubahan APBD Kabupaten Bolaang Mongondow tahun anggaran 2020,” tandas Yasti.

Diketahui, dalam rapat paripurna itu dilakukan penandatanganan kesepakatan KUA-PPAS APBD-P Kabupaten Bolmong Tahun 2020 oleh Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow, dan Ketua DPRD Welty Komaling, serta Wakil Ketua Sukron Mamonto.