BAGIKAN

BOLMONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Selasa (10/12/2019) melaksanakan kegiatan Latihan Dasar (Latsar) tentang Teknik penyelamatan dan Evakuasi, yang dilaksanakan di gedung aspirasi DPRD Bolmong.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, melibatkan dari unsur Linmas dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Sekda menyampaikan, bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh Linmas dan Damkar. Apalagi Linmas, yang merupakan ujung tombak pemerintahan di Desa.

“Jangan sampai bila terjadi bencana atau kejadian yang membutuhkan penanganan segera, maka itu bisa langsung dilakukan Linmas. Karena tidak selamanya Tim SAR langsung berada dilokasi pada saat kejadian,” kata Tahlis.

Sekda berharap, Damkar dan terutama Linmas dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, serta menerima materi tentang bagaimana cara menangani ketika ada bencana.

“Linmas dan Damkar harus benar benar memahami setiap materi yang diberikan, sehingga Linmas dan Damkar memiliki teknik penyelamatan dan evakuasi, ketika ada bencana,” ujar Tahlis.

Sementara itu, Kepala BPBD Bolmong menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan dasar tentang Teknik Penyelamatan dan Evakuasi akan dilakukan selama dua hari. Para peserta akan diberikan materi dari Basarnas, tentang bagaimana cara menangani ketika terjadi bencana.

“Kegiatan ini dilakukan selama dua hari. Untuk hari pertama itu khusus materi sedangkan hari kedua praktek lapangan, dan para peserta akan tinggal di tenda yang sudah disiapkan. Ini untuk menguji sejauh mana peserta menerima materi yang diberikan, serta praktek lapangan,” jelas Dilapanga.