BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow masih kekurungan tenaga Dokter. Pasalnya, hingga saat ini UPTD masih sangat membutuhkan.

Kekurungan tersebut, diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong, dr Erman Paputungan.

“Untuk wilayah Dinkes dan UPTD PKM saat ini ada 26 dokter, dan itu belum cukup kita masih butuh tambahan,” kata Kepala Dinskes Erman Paputungan, Rabu, (11/11/2020).

Jumlah dokter tersebut kata Erman, masih kurang untuk kebutuhan Dinkes dan Puskesmas. “Masih kurang, kita masih butuh 32 orang dokter lagi,” ujarnya.

Ia merinci bahwa, lebih dari separuh jumlah kebutuhan dokter tersebut, merupakan kebutuhan akan dokter gigi. “18 orang dokter gigi dan sisanya adalah dokter umum,” ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirus) Rumah Sakit Umum Daerah Datoe Binangkang (RSUD-DB) Debby Kullo, saat ini di Rumah Sakit yang dipimpinnya tersebut nyaris tak ada lagi kebutuhan penambahan dokter.

“Jumlah dokter di RS Datoe Binangkang sebanyak 36 orang, di mana dokter spesialis 23 orang dan dokter umum 13 orang. Saat ini, jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan dokter,” jelasnya.