BAGIKAN

BOLMONG – Kementerian Sosial (Kemensos), kembali memberikan program bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) kepada Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepala Dinas Sosial Bolmong, Haris Bambela, menyampaikan, bahwa tahun 2019 Kabupaten Bolmong itu, untuk RTLH yang awalnya 50 unit, bertambah 50 penerima lagi. Sehingga totalnya menjadi 100 unit.

“Dua bulan lalu Bolmong mendapatkan jata 50 unit. Kemudian minggu lalu, saya ke Jakarta ketambahan lagi 50 unit. Jadi semuanya untuk tahun 2019 jumlahnya 100 unit,” ujar Bambela, Selasa (8/10)

“Untuk 50 unit yang pertama akan realisasi pada bulan ini. Yang 50 unitnya lagi sementara dalam proses,” Ungkapnya.

Kabupaten Bolmong kata Haris, sebenarnya tidak termasuk daerah yang mendapatkan bantuan RTLH untuk tahun ini. Karena pada tahun 2018 lalu sudah dapat program tersebut.

“Ya, Bolmong tahun 2019 harusnya tidak mendapatkan bantuan RTLH. Karena pada tahun lalu, sudah menerima bantuan RTLH sebanyak 75 unit,” ungkap Bambela.

Menurut mantan Camat Lolak ini, setiap tahun itu daerah penerima program bantuan RTLH diroling setiap 2 (dua) tahunnya. Meskipun demikian pihaknya tidak pernah menyerah, demi mendapatkan bantuan RTLH.

“Saya tidak menyerah, setiap kali ke Jakarta saya selalu membawa proposal permohonan bantuan RTLH. Alhamdulillah, akhirnya diterima oleh pihak Kementerian Sosial RI,” tutur Haris.

Ia menjelaskan, meskipun Kabupaten Bolmong di tahun 2019 mendapatkan tambahan bantuan RTLH, namun tidak mempengaruhi jata sebagai daerah penerima di tahun 2020 mendatang.

“Jadi Bolmong tahun depan itu, tetap masuk dalam daftar 65 daerah penerima bantuan RTLH,” jelas Haris