BAGIKAN

BOLMONG – Program Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) masih terus berlangsung. Hal itu dikatakan, Kepala DKP Bolmong Nyoman Sukra, Selasa (08/10/2019) saat ditemui diruang kerjanya.

Ia menyampaikan, bahwa pelaksanaan pangan murah berikutnya dipusatkan di Kecamatan Dumoga Tenggara. “Ya, rencananya Kamis (10/10/19) pangan murah akan kita gelar di Desa Konarom Kecamatan Dumoga Tenggara,” ucap Nyoman.

Menurutnya, sejauh ini program pangan murah disambut penuh antusias oleh warga. Ia menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaannya, DKP Bolmong melibatkan pemerintah kecamatan. “Kita sudah menyurat ke pemerintah Kecamatan. Camat Dumoga Tenggara yang akan membuka pelaksanaan itu nanti,” ungkapnya.

Lanjutnya, pangan murah digelar bertujuan untuk meringankan kebutuhan masyarakat yang tidak sempat menikmati hasil pangan akibat gagal panen karena kemarau. “Ya, salah satunya, masyarakat terdampak kekeringan, akibat kemarau yang melanda wilayah bolmong,” tambahnya.

Pada pelaksanaan itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Toko Tani Indonesia Center melalui 4 Gapoktan yang mendapatkan bantuan dari kegiatan pengembangan usaha pangan masyarakat pada awal Januari 2019 lalu, serta dari Perum Bulog.

“Empat Gapoktan ini, menyediakan masing-masing 1 ton beras premium. Sedangkan dari Bulog menyediakan 2 ton beras medium, tepung terigu dan minyak goreng. Jadi ada stok 6 ton beras, terigu dan minyak goreng yang dijual,” Tandasnya.