BOLMONG – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelarkan temu awal untuk tahapan penyusunan dokumen Profil Sosial, Ekonomi, Teknis dan Kelembagaan (PSETK) daerah Irigasi kewenangan. Rapat dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Bolmong, Kamis (4/7/2019).

“PSETK bagian dari program pengembangan dan pengelolaan irigsasi partisipasi terpadu yang dimaksudkan untuk menyediakan data dan informasi mengenai keadaan pada suatu daerah irigasi,” terang Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Bolmong, Wincy Mokorimban.

Lebih jauh ia menjelaskan, PSETK juga untuk pemberdayaan kelembagaan petani pada daerah irigasi melalui Masyarakat/Petani dan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A/GP3A/IP3A) bersama Poktan/Gapoktan menuju peningkatan kinerja pengelolaan irigasi pertanian partisipatif dan berwawasan lingkungan.

“Pengguna PSETK adalah P3A/GP3A/IP3A, komisi  irigasi, Organisasi Perangkat Daerah terkait dengan irigasi, dan pemangku kepentingan lainnya terkait dengan irigasi,” katanya.

“Jadi maksud dari kegiatan hari ini lebih kepada upaya membantu pemahaman kelembagaan pengelola irigasi dan pelaku kegiatan irigasi agar memiliki kemampuan dalam merencanakan program pemberdayaan organisasi P3A/GP3A/IP3A,” pungkasnya.