BAGIKAN

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow, Kamis (04/06/2020) menyalurkan bantuan pangan dan paket sembako tahap II di Kecamatan Dumoga Tenggara. Dalam penyaluran bantuan tersebut Bupati di dampingi oleh Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, dan ketua DPRD Bolmong Welty Komaling.

Bupati Yasti, menyampaikan, bahwa berbagai bantuan telah digelontorkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Bantuan tersebut, merupakan bentuk tanggung jawab dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah wabah pandemi Covid-19.

Yasti menjelaskan, dalam penanganan Covid-19, Pemkab Bolmong telah memberikan bantuan pangan dan bahan pokok kepada masyarakat yang berhak menerima sesuai dengan Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) berjumlah 8.370 Kepala Keluarga (KK). “Untuk 4.238 KK di Kabupaten Bolmong mendapatkan bantuan 36 kg beras premium dan ikan kaleng 8 blek, gula pasir 4 kg, serta minyak goreng 2 kg, total jumlahnya 600 ribu rupiah,” jelas Yasti.

 

Sementara itu lanjut Yasti, yang 4.122 KK hanya mendapatkan 36 kg beras. Karena 4.122 kepala keluarga ini adalah masyarakat yang sudah menerima program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang bersumber dari APBN senilai 200 ribu rupiah.

“Biasanya para penerima BPNT hanya menerima nilai bantuan sebesar 200 ribu. Sementara total bantuan penanganan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 itu totalnya 600 ribu. Makanya kita melakukan top up dengan memberikan bantuan beras premium sebanyak 36 Kg, agar adil dan merata,” kata Yasti.

Selain meyerahkan bantuan tahap II secara simbolis kepada para penerima, Bupati juga memberikan bantuan masker buat masyarakat. Yasti menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmong telah menyediakan 325 ribu masker, dan setiap satu orang warga masyarakat Bolmong akan mendapatkan 2 (dua) buah masker.

“Pemkab memberikan masker kepada seluruh masyarakat Bolmong secara cuma-cuma. Ada kurang lebih 325 ribu masker yang disediakan, dan setiap satu orang mendapat 2 masker. Jika masih kurang, Gubernur Sulut Olly Dondokambey akan menambahnya agar semua warga bisa kebagian,” ungkap Yasti.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bolmong, I Nyoman Sukra, saat menyampaikan laporan penyaluran bantuan di Kecamatan Dumoga Tenggara, mengatakan, bahwa adapun bantuan sosial (Bansos) yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow kepada masyarakat Kecamatan Dumoga Tenggara yang terdampak Covid-19 adalah masker sebanyak 11 ribu dari Dinas Kesehatan. Kemudian bansos dari Pemkab Bolmong melalui Dinas Sosial sebanyak 125 kepala keluarga penerima dan Dinas Ketahanan Pangan berupa bansos 36 kg beras kepada 290 kepala keluarga.

“Jadi ada 125 KK yang paket lengkap dengan Dinas Sosial, kemudian ada 165 KK itu yang paket top up beras kepada masyarakat penerima BPNT dari Kementerian Sosial, dengan demikian total keseluruhan ada 290 KK penerima di Kecamatan Dumoga Tenggara. Untuk nilai bantuan ini sama dengan penerima BLT, yang kurang lebih 600 ribu rupiah,” tutur Sukra.

Turut hadir dalam penyaluran bantuan tersebut, Anggota DPRD Bolmong dariĀ  Dapil Dumoga Hi Ramono dan Victor Lumopow, kepala Dinas Kesehatan dr Erman Paputungan, kepala Dinas Sosial Abdul Haris Bambela, kepala DKP I Nyoman Sukra, Camat Dumoga Tenggara Hasran Tongkukut, Forkopimca, dan Kepala Desa, serta perwakilan warga penerima bantuan.

Advertorial