BAGIKAN
Bupati saat memberikan sambutan.

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Senin (4/11/2019) menggelar Apel bersama Linmas dan Deklarasi Damai, dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di 105 Desa se-Kabupaten Bolmong Tahun 2019. Apel bersama Linmas dan Deklarasi Damai dipimpin langsung oleh Bupati Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolres Bolmong AKBP Indra Pramana SIK, Kapolres Kotamobagu AKBP Gani Fernando Siahaan, SIK MH, Dandim 1303 Bolmong Letkol Infanteri Sigit Dwi Cahyono SSos, Sekda Bolmong, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat, anggota Linmas serta 363 Calon Sangadi dari 105 desa yang melakukan penandatangan Deklarasi Damai bersama seluruh calon Sangadi yang akan bertarung di pemilihan Kepala Desa.

Bupati Yasti dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan apel bersama dan Deklarasi Damai. “Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan apel bersama Linmas dan Deklarasi Damai pada hari ini. Sebagai salah satu bentuk respon pemerintah daerah bersama aparat keamanan. Terutama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Bolmong,” ucap Yasti.

Foto bersama Forkopimda Bolmong dan Cakades.

Bupati juga mengajak kepada calon Sangadi dan seluruh komponen masyarakat untuk menjadikan momentum pemilihan Sangadi ini sebagai ajang pesta demokrasi, dan bukan dijadikan untuk membentuk kubu ego calon masing-masing pendukung, yang tidak menerima keunggulan lawan.

Lebih lanjut Yasti menyampaikan, kepada para calon Sangadi, agar mengajak seluruh masyarakat di Desa masing-masing untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu konflik antar pendukung. “Saya minta kepada setiap calon Sangadi selaku peserta Pilsang, agar bertanggung jawab terhadap pendukung masing-masing, serta dapat mengajak masyarakat untuk melaksanakan Pilsang yang berkualitas, aman dan damai,” pesan Yasti.

Penandatanganan pernyataan.

Bupati juga menambahkan, kepada anggota Linmas yang desanya tidak melaksanakan Pilsang, agar dapat membantu rekan-rekan sesama Linmas yang akan melaksanakan pengamanan di Desa pelaksanaan Pilsang. Kepada anggota TNI, Polri dan Satpol PP,  Bupati menyampaikan, agar dapat mem-back up anggota Linmas yang akan melaksanakan tugas pengamanan. Sehingga pelaksanaan Pilsang di 105 Desa dapat terlaksana dengan aman, tertib, lancar dan tetap dalam keadaan kondusif.

“Sebentar nanti, akan dilaksanakan penandatangan bersama pernyataan kesiapan menerima hasil Pilsang oleh para calon Sangadi. Untuk itu, saya minta kepada para calon Sangadi yang akan bertarung nanti, agar tetap komitmen dengan poin-poin yang telah disepakati bersama, serta tetap mengajak masyarakat untuk menerima apapun hasil dari Pilsang nanti,” tegas Yasti.

Adapun poin-poin yang telah ditanda tangani dan disepakati bersama oleh para calon Sangadi adalah Bersedia dan berkewajiban melaksanakan serta mentaati tata tertib pelaksanaan Pemilihan Sangadi sesuai ketentuan perundang-undangan dengan penuh tanggung jawab; Bersedia dan berkewajiban serta berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran pelaksanaan Pemilihan Sangadi; bersedia dan berkewajiban mengendalikan diri dan mencegah masa pendukung yang akan melakukan tindakan provokasi, anarkis dalam Pemilihan Sangadi; Melaksanakan pemilihan Sangadi secara demokratis, tertib, aman dan jujur, adil serta berkualitas; Dalam melaksanakan kampanye senantiasa mengutamakan persatuan dan kesatuan, penuh kekeluargaan, demi terciptanya suasana yang kondusif; Dalam pemilihan Sangadi siap menerima Kemenangan dan Kekalahan dengan semangat kompetisi yang sehat dan demokratis.

Advetorial