BAGIKAN
Dekorasi hasil karya PT Berkah Catering Nusantara

PT Berkah Catering Nusantara (Berkah Catering) adalah perusahaan yang bergerak melalui bisnis katering (jasa boga) dan jasa pernikahan. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2014 di Kota Surabaya ini mengawali usahanya dengan berbisnis nasi kotak. Sukses dengan bisnis nasi kotak, Irwan Hernawan, CEO PT Berkah Catering Nusantara, mengembangkan usahanya dibidang katering prasmanan dan katering harian.

Pesatnya perkembangan teknologi digital memiliki berkah sendiri bagi usaha Irwan. Dengan memanfaatkan teknologi ini, bisnisnya semakin berkembang. Bahkan, saat ini, ia mampu membuka beberapa cabang perusahaan dengan berbagai jenis usaha di kota lain, bahkan sampai ke ibukota Jakarta.

Awal berdiri pada Oktober 2014, Irwan Hernawan telah memanfaatkan media sosial dalam menjajakan nasi kotaknya. Saat itu, Ia hanya menerima pesanan dari konsumen yang tinggal di daerah Sidoarjo dan Surabaya.

Ternyata strateginya berhasil. Pada pertengahan 2015, bisnisnya mampu berkembang dengan menambah usaha berupa jasa kateringan prasmanan dan melayani acara-acara pernikahan. Masih di tahun yang sama, pelanggannya makin banyak. Tidak hanya dari Sidoarjo dan Surabaya, tetapi juga dari wilayah Jawa Timur lainnya, seperti Gresik, Madura dan Mojokerto. Menurut Irwan, harga murah dan pelayanan yang profesional sehingga usaha Berkah Catering sangat terterima di area pemasarannya.

Di awal tahun 2016, karena semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa Berkah Catering, Irwan memberanikan diri untuk memperluas usahanya dengan mendirikan dapur cabang di Kota Gresik, Mojokerto dan Malang. Berkah Catering masih tetap mengandalkan pemasaran secara online.

Dekorasi hasil karya PT Berkah Catering Nusantara

Berkah Catering juga menggunakan teknologi SEO (Search Engine Optimization) untuk mempermudah calon pelanggan menemukan produk-produk yang ditawarkan. Teknologi ini mulai dipakai sejak tahun 2017. Di tahun ini pula, Berkah Catering merubah status badan usahanya dari perusahan perorangan menjadi perseroan terbatas (PT). PT Berkah Catering Nusantara dikukuhkan melalui Notaris Santi Kamayani dengan akta Nomor 02 tanggal 19 September 2017 dan disahkan melalui surat keputusan Menteri Hukum dan HAM dengan Nomor AHU-0117458.AH.01.11 tahun 2017 tanggal 20 September 2017. Kemudian pada tanggal 30 Juli 2018, PT Berkah Catering Nusantara mendapatkan pengesahan TDUP Khusus Jasa Boga dengan Nomor: 503/5/438.5.15/2018.

Setahun kemudian, tepatnya di tahun 2018, PT Berkah Catering Nusantara juga meluncurkan jasa wedding organizer dengan konsep paket pernikahan lengkap beserta gedung dan katering didalamnya. Harganya pun sangat terjangkau. Usaha ini dikelola melalui anak perusahaan,yakni Berkah Enterprise. Jasa Berkah Enterprise juga melayani pelanggan di kota-kota yang sebelumnya telah dirintis Berkah Catering.

PT Berkah Catering Nusantara semakin melancarkan strategi pemasaran online-nya dengan meluncurkan aplikasi android berbasis e-commerce agar memudahkan pelanggan memesan jasa Berkah Catering.

Hampir lima tahun menjalankan usaha dengan promosi melalui media sosial dan aplikasi berbasis online, tahun 2019 merupakan tahun gemilang bagi PT Berkah Catering Nusantara. Irwan Hernawan sukses menembus pasar ibu kota negara, Jakarta. Ia berhasil mendirikan kantor cabang di Jakarta dan dapur bisnis di Kota Depok dan Bekasi untuk melayani area JABODETABEK. Dalam catatan PT Berkah Catering Nusantara kurun waktu kurang dari 5 tahun, telah lebih dari 2000 iven pernikahan yang dikerjakan. Capaian ini tentunya tak lepas dari profesional kerja perusahaan sehingga terbangunnya kepercayaan publik.

Dekorasi PT Berkah Catering Nusantara.

Hal yang membanggakan di tahun 2019 ini melalui berbagai usaha yang telah dirintis, PT Berkah Catering Nusantara menetapkan beberapa unit bisnisnya tergabung dalam Berkah Group Management. Kantor management dibangun di Cakung, Jakarta Timur.

Yang juga patut dibanggakan dari bisnis Berkah Catering, usaha ini mampu menyerap tenaga kerja yang awalnya hanya 3-5 orang, kini telah lebih dari 100 orang.

Strategi Pemasaran

PT Berkah Catering Nusantara memanfaatkan strategi pemasaran online yang dikembangkan melalui teknologi SEO (Search Engine Optimization) dan platform sosial media seperti Facebook, Youtube dan Instagram. Bahkan diakui Irwan Hernawan, CEO PT Berkah Catering Nusantara, masyarakat lebih banyak mengenal Berkah Catering dari dunia maya. Di klaimnya bahwa 90 persen pemesanan yang didapatkan selama ini baik pemesanan catering atau paket pernikahan, didapatkannya melalui pelanggan yang menemukan Berkah Catering dari dunia Maya.

Peka akan perkembangan teknologi online membuat pemasaran Berkah Catering selangkah lebih unggul dibandingkan jasa catering dan pernikahan lainnya. Menurut pemilik tunggal PT Berkah Catering Nusantara tersebut, akan mati atau tidak berkembang suatu bisnis apapun saat ini jika tidak membuka mata dan mengembangkan pemasarannya ke dunia online dan sosial media. Dikatakannya, bahwa sebagian besar masyarakat saat ini mencari penyedia jasa atau barang apapun yang diinginkan melalui mesin pencarian secara online, semisal google, facebook, youtube dan instagram.

Segmentasi Pasar

Berkah Catering Nusantara membentuk segmentasi pasar dalam kurun waktu 5 tahun belakangan ini di segmen kelas menengah ke bawah. Diakui bahwa harga paket catering dan paket pernikahan yang dimiliki dan ditawarkan oleh Berkah Catering adalah yang termurah di kelasnya. Dengan strategi pemasaran online yang dimiliki dan ditambah keunggulan harga dari paket yang ditawarkan, membuat PT Berkah Catering Nusatara semakin yakin dapat lebih berkembang dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Menurut CEO PT Berkah Catering Nusantara bahwa Kota Surabaya dan Jakarta merupakan target pasar yang bagus untuk memulai pengembagan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa kedua Kota Besar di Pulau Jawa tersebut merupakan kiblat bisnis yang dituju oleh hampir semua pengusaha saat ini. Sedangkan pengembangan bisnis dari Berkah Catering di Kota ini merupakan awal dari misi PT Berkah Catering Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya di seluruh Nusantara.

Lokasi, Pusat dan Cabang Bisnis

1. Berkah Catering Nusantara – Sidoarjo

Kantor Management Pusat: Taman Pinang Indah Blok F1-14, Kota Sidoarjo

Sumber : https://goo.gl/maps/BMz5W6HKcuApRJGs5

Gudang Peralatan: Jl. KH. Bukori, Kedung Kendo, Kedungkendo, Kec. Candi, KabupatenSidoarjo (https://goo.gl/maps/M4J4C69Pxo8uzEGc9)

GudangDekorasi: RT22 RW06, Nggodong, Kedensari, Kec. Tanggulangin, KabupatenSidoarjo (https://goo.gl/maps/KBWbJ7jttmFbpATA6)

Gudang Stock: Perum Pondok Mutiara Blok CG.34, Jetis, Lemahputro, Sidoarjo Sub-Distrcit, Sidoarjo (https://goo.gl/maps/qRAVFjyxx4fmWYL99)

Dapur Berkah Catering: Perum Gading Fajar, Sepande, Candi, Sidoarjo

(https://goo.gl/maps/XxFE29Mk7qxN9gbCA)

2. Berkah Catering Nusantara – Surabaya

Kantor Marketing       : Royal Plaza Surabaya Lt. G Blok C2-27 ,Wonokromo Surabaya

Sumber: https://g.page/Berkahcateringnusantara?share

3. Berkah Catering Nusantara – Gresik

Kantor & Dapur: PerumahanPatra Raya Cluster Villina Blok F-6, Cerme Gresik

Sumber: https://goo.gl/maps/ewRuve35rqLfGe6n9

4. Berkah Catering Nusantara – Mojokerto

Kantor &Dapur: Borang RT01 RW04, Sambilawang, Dlanggu, Mojokerto

Sumber: https://goo.gl/maps/NrFECX12TQkfiNaB8

5. Berkah Catering Nusantara – Jombang

Kantor & Dapur: PerumahanPondokTunggorono Indah, Blk. R No.15, Tunggorono, Jombang

Sumber: https://goo.gl/maps/nVJjAhcr6H31LxhG7

6. Berkah Catering Nusantara – Malang

Kantor &Dapur           : PerumahanGriyaTangkil Blok F1-57, Tambaksari, Sukun, Kota Malang

Sumber: https://goo.gl/maps/aAi8Sy2LxoAuco2JA

7. Berkah Catering Nusantara – Jakarta

Kantor Management: Sentra Timur TOWER KUNING Lt.1 no 11 TA, Pulo Gebang, Kec. Cakung Jakarta Timur (https://goo.gl/maps/chLLYmyWtEJBZ7KFA)

Kantor Marketing: Jl. Kernolong I No.29b, RT.5/RW.8, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat (https://goo.gl/maps/o9VutYUshyPnVSgd9)

8. Berkah Catering Nusantara – Depok

DapurPembantu          : Jl. Ciliwung No.57, Pd. Rajeg, Kec. Cilodong, Kota Depok

Sumber :https://goo.gl/maps/sLXjtQn572fxeKHj6

9. Berkah Catering Nusantara – Bekasi

Dapur Pembantu         : Jl. Bembem, RT.002/RW.003, Padurenan, Kec. Mustika Jaya – Bekasi

Sumber :https://goo.gl/maps/vD1Lygpx7pe8rFN6A

10. Berkah Catering Nusantara – Bogor

Gudang JABODETABEK: Jl. Cijunjung Sugih, Cijujung, Kec. Sukaraja, Bogor

Sumber :https://goo.gl/maps/vJipmo3nZwGVmA2dA

Berkah Group Management

Website dan Social Media

Official Website         : Http://www.berkahcatering.web.id

Facebook                    : https://www.facebook.com/berkahcateringnusantara/

Instagram                   : https://www.instagram.com/berkahcatering/

Youtube Channel      : https://www.youtube.com/berkahcatering          

Sumber & Referensi

http://www.berkahcatering.web.id/about.html

https://ms.wikipedia.org/wiki/PT_Berkah_Catering_Nusantara

https://www.maxmanroe.com/berkah-catering-usaha-katering-pernikahan-di-surabaya.html

https://bisnisukm.com/irwan-hernawan-sosok-pengusaha-muda-dibalik-suksesnya-berkah-catering.html

Sponsored