BAGIKAN

BOLMONG – Beberapa kecamatan di wilayah Dumoga Bersatu serentak menggelar Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Senin (27/1/2020). Kecamatan-kecamatan tersebut di antaranya, Kecamatan Dumoga Timur, Dumoga Tenggara, Dumoga Tengah, Dumoga Barat dan Dumoga Utara.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam dan jajarannya mengawal langsung kegiatan tersebut. Yarlis mengatakan, Pra Musrenbang ini untuk mempermudah proses penginputan usulan-usulan desa. “Kali ini hanya dibatasi lima usulan prioritas dari setiap desa,” kata Yarlis.

Camat Kecamatan Dumoga Timur Jootje Tumalun saat ditemui di sela-sela Pra Musrenbang mengatakan, saat ini pihaknya masih sedang menggodok usulan-usulan dari desa yang nantinya akan menjadi prioritas. “Namun, kalau kita melihat pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, usulan yang paling banyak adalah infrastruktur,” ungkap Tumalun. Lanjut dia, infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan jalan di masing-masing desa yang mengusulkan. “Jalan kebun, dan yang paling banyak biasanya jalan desa yang di lorong-lorong,” imbuhnya.

Pra Musrenbang di Wilayah Dumoga Bersatu Berjalan Lancar Advertorial Bolmong

Pra Musrenbang yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Dumoga Timur itu di ikuti juga dari Kecamatan Dumoga Tenggara. Pelaksanaan pra Musrenbang belangsung aman dan lancar tanpa perdebatan. “Dari 15 desa dan 1 kelurahan yang ada di wilayah ini (Dumoga Timur red), semuanya hadir dan memberikan usulannya masing-masing,” tambahnya.

 

Sementara itu, Camat Dumoga Tenggara, Hasran Tongkukut, menyampaikan, bahwa dikecamatan Dumoga Tenggara, pihaknya sebelum masuk di pramusrenbang, sudah melakukan rembuk bersama untuk melihat usulan-usulan disetiap desa. Agar pada saat pra musrenbang seperti pada hari ini, tinggal menginput kegiatan-kegiatan yang diusulkan.

“Jadi sebelum pra musrenbang, kami sudah melakukan rembuk bersama, untuk melihat usulan-usulan disetiap desa. Kecamatan Dumoga Tenggara ada 10 Desa dan setiap desa melakukan klasifikasi usulan, sebanyak 5 usulan prioritas untuk di bawa pada pra musrenbang,” ujar Hasran.

Pra Musrenbang di Wilayah Dumoga Bersatu Berjalan Lancar Advertorial Bolmong

Untuk Dumoga Tengah, Pra Musrenbang digelar di Aula kantor Camat Dumoga Tengah, dihadiri oleh seluruh sangadi, sekdes, operator desa, perwakilan OPD dan seluruh perangkat desa. Dalam sambutannya Camat Dumoga Tengah Rahmat Irmasyah Makalalag mengatakan, kegiatan ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh para sangadi dan perangkat desa. “Ini tahapan dari Musrenbang desa yang kami harap bisa dimaksimalkan oleh para sangadi. Hingga pelaksanaan musrenbang reguler pekan depan, tidak memakan waktu lama,” tandas Makalalag.

Advertorial