BAGIKAN

BOLMONG – Perhatian pemerintah kepada masyarakat yang kurang mampu di tengah pandemi COVID-19 patut diberikan apresiasi. Karena selain memberikan bantuan bagi masyarakat miskin yang terdampak, kali ini pemerintah pusat melalui Balai Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI, menyalurkan bantuan paket sembako kepada penyandang disabilitas netra yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Bantuan tersebut merupakan usulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melalui Dinas Sosial untuk kelompok miskin, rentan dan marjinal yang menjadi binaan lembaga atau komunitas.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Balai Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Tumou Tou Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamsiaty Rotty, saat menyerahkan paket bantuan di kantor Dinas Sosial Bolmong Senin (22/06/2020).

Kepala Dinas Sosial, menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako
Kepala Dinas Sosial menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako

Ia menyampaikan, bahwa bantuan ini adalah usulan dari Pemkab Bolmong sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab pemerintah di tengah menghadapi wabah virus corona. “Tujuan bansos ini untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok di masa pandemi COVID-19,” ujar Kamsiaty.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bolmong, Haris Bambela, mewakali Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada pemerintah provinsi yang telah menerima usulan untuk permintaan bantuan kepada para penyandang cacat netra di Kabupaten Bolmong.

“Atas nama Bupati dan seluruh jajaran pemerintah daerah kabupaten Bolmong, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi, Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou, yang telah mengalokasikan bantuan bagi penyandang cacat netra di Bolmong,” ucap Bambela.

Paket bantuan sembako

Haris mengatakan, semoga bantuan sosial berupa paket sembako yang terdiri dari beras 5 kilo gram, minyak goreng 2 liter, telur ayam 10 butir, ikan kaleng sarden 2 kaleng, 1 kaleng biskuit regal kong guan, sabun mandi cair, sabun cuci dan goodie bag, dapat membantu meringankan beban mereka di masa Pandemi COVID-19 ini.

Menurut Haris, pihaknya sudah menyasar seluruh penyandang tuna netra di Bolmong untuk diberikan bantuan. Apa terlebih yang belum tersentuh sama sekali dengan bantuan. Ia mengungkapkan, bahwa dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulut, Bolmong merupakan daerah yang paling banyak penerima.

“Alhamdulillah, karena Bolmong paling banyak jumlah penerima dari semua daerah di Sulut. Untuk penyalurannya, langsung ke rumah-rumah penyandang cacat. Karena akan di foto untuk laporan online ke Kementrian,” kata Haris.

Haris menjelaskan, bahwa ada 173 penyandang cacat netra se Kabupaten Bolaang Mongondow yang akan menerima paket bantuan sembako dari Balai Kesejahteraan SosialĀ  Kementrian Sosial RI.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini, selain bertujuan untuk memberi perhatian khusus kepada mereka, juga dapat meringankan beban dalam situasi pandemi COVID-19. “Harapannya bantuan yang sudah diterima bisa membantu meringankan beban para penyandang cacat netra di masa Pandemi COVID-19,” pungkas Haris.

Advertorial