BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melaksanakan desk Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah Tahun 2021. RKA Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini, merupakan dokumen perencanaan dan pengangggaran yang berisi rencana pendapatan dan rencana belanja program dan kegiatan SKPD sebagai dasar penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Desk yang dijadwalkan selama 3 hari ini, mulai dilaksanakan pada Rabu (02/09/2020) di ruangan kerja Sekertaris Daerah, kantor Bupati, Lolak. Sekretaris Daerah, Tahlis Galang SIP MM, selaku ketua TAPD telah mengeluarkan surat yang ditujukan kepada masing-masing SKPD untuk mengikutsertakan para pejabat teknis dalam pembahasan/desk RKA perangkat daerah yang telah di input pada Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bolmong.

Pemkab Bolmong Desk RKA Perangkat Daerah Tahun 2021 Advertorial Bolmong Headline Terkini
Foto suasana pelaksanaan desk RKA Perangkat Daerah Tahun 2021

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong, Rio Lombone mengatakan, bahwa desk RKA akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai pada tanggal 2 hingga 4 September 2020. “Pembahasan RKA dimulai hari ini, dan dilakukan secara bergilir. Masing-masing SKPD sudah dijadwalkan. Dalam sehari ada 15 Dinas/Badan yang digilir bergantian melaksanakan desk RKA,” kata Rio.

Mekanisme tahapan penyusunan APBD Bolmong dilalui satu persatu. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bolmong dan TAPD, menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran (KUA-PPA) APBD Tahun Anggaran 2021.

Pemkab Bolmong Desk RKA Perangkat Daerah Tahun 2021 Advertorial Bolmong Headline Terkini

Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 Pemkab Bolmong ini juga berdasarkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, kecamatan, hingga di tingkat kabupaten. Usulan yang masuk dalam Musrenbang kemudian disusun berdasarkan skala prioritas kemudian dimasukkan dalam program kegiatan tiap SKPD.

Menurut Kepala Bappeda Bolmong, Yarlis Awaludin Hatam, RPJMD yang menjadi rumusan dari visi dan misi Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati (Wabup), Yanny Ronni Tuuk, pada tahun 2021 atau tahun ke empat kepemimpinan mengangkat tema pembangunan pemantapan kontribusi sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata terhadap perekonomian regional dan pemerataan pendapatan masyarakat.

“Tema tahun pembangunan untuk 2021 itu merupakan bagian dari RPJMD Bupati dan Wakil Bupati. Sehingga, dalam proses perencanaan dan pembangunan semuanya berkelanjutan dari tahun pertama kepemimpinan sampai dengan selesai,” pungkas Yarlis.

Advertorial