BAGIKAN

BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyalurkan bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak korban bencana di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Meskipun Kabupaten Bolmong juga dilanda musibah banjir bandang dan tanah longsor, namun tidak mengurungkan niat dan rasa kepedulian Pemkab Bolmong terhadap bencana yang menimpa Kabupaten Bolmut.

Rombongan Pemkab Bolmong yang dipimpin langusung oleh Bupati Yasti S Mokoagow, Rabu (18/03/2020) menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bolmut, yang diterima langsung oleh Bupati Bolmut, Depri Pontoh, bersama Wakil Bupati Amin Lasena. Bantuan yang diberikan itu, selain dari jajaran Pemkab Bolmong, juga merupakan partisipasi dari masyarakat Bolmong.

Bupati Yasti menyampaikan, bahwa bantuan tersebut, berdasarkan data yang terkumpul pada posko bencana BPBD Bolmong, telah melebihi kebutuhan warga yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kecamatan Sangtombolang. Untuk itu, Pemkab Bolmong meminta kepada bapak/ibu, saudara, agar kelebihan bantuan tersebut dapat diberikan kepada saudara kita di Kabupaten Bolmut, yang tertimpa bencana yang sama.

Rombongan Pemkab Bolmong yang dipimpin langusung oleh Bupati Yasti
Rombongan Pemkab Bolmong yang dipimpin langusung oleh Bupati Yasti

“Atas nama Pemerintah Bolmong, meminta izin kepada ibu/bapak, saudara-saudari, agar kami dapat menyalurkan kelebihan bantuan ini kepada saudara kita yang ada di Kabupaten Bolmut yang juga mengalami musibah banjir bandang dengan penduduk terdampak sebanyak 3.650 jiwa yang masih sangat membutuhkan,” kata Yasti.

Dalam kesempatan itu juga, Yasti menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian, empati serta penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak/ibu, saudara, dermawan yang sudah turut meringankan beban mereka dengan memberikan bantuan baik moril maupun materil terhadap saudara kita di Desa Domisil, Pangi dan Pangi Timur, Kecamatan Sang Tombolang yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi untuk semua pihak yang secara moriil dan materiil telah membantu korban terdampak bencana yang ada di Bolmong. Mudah-mudahan keikhlasan bantuan dari ibu/bapak, saudara dapat dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Yasti.

Yasti berharap, bantuan yang diberikan oleh Pemkab dan masyarakat Bolmong dapat membantu korban dalam kehidupan mereka sehari-hari. “Ini merupakan bentuk kepedulian Pemda dan masyarakat Bolmong. Semoga para korban banjir tetap kuat menghadapi musibah ini, dan semoga penderitaan yang dialami secepatnya pulih,” ujar Yasti.

Bupati Yasti bersama Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wabup Bolmut Amin Lasena
Bupati Yasti bersama Bupati Bolmut Depri Pontoh dan Wabup Bolmut Amin Lasena

Adapun bantuan yang diserahkan oleh Pemkab Bolmong ke Pemkab Bolmut, masing-masing, Beras 7,26 ton, Mie instan 623 dos, Air mineral 851 dos, dan pakaian layak pakai 60 karung.

Sementara itu Bupati Bolmut Depri Pontoh, mengucapkan rasa syukur serta terimakasih yang tak terhingga, atas kepedulian Bupati Yasti dan masyarakat Bolmong. Meskipun dilanda bencana yang sama, namun tidak mengurangi rasa kepedulian dan mau berbagi dengan kami masyarakat Bolmut.

“Saya atas nama masyarakat Bolmut, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati dan masyarakat Bolmong yang telah memberikan bantuan kepada warga masyarakat kami yang terdampak bencana di Kabupaten Bolmut. Kiranya hubungan seperti ini akan terus terpelihara kedepannya,” tutur Bupati.

Depri menambahkan, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi pada tanggal 4 Maret itu, menimbulkan banyak kerugian dan korban jiwa. Selain itu, ada korban hilang. Kerugian material banjir dan tanah longsor menimpa 52 desa di 4 kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitang Timur dan Bolangitang Barat. Kerusakan meliputi, Infrastruktur jalan, Tempat ibadah, Sekolah, rumah warga dan lahan pertanian serta peternakan, maupun perikanan tambak ikan. Nilai kerusakan dan kerugian mencapai Rp104,4 miliar.

Advertorial