BAGIKAN

BOLMONG – Untuk melawan pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melakukan berbagai cara dan upaya dalam mencegah serta memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona. Salah satunya, dengan melakukan sosialisasi pencegahan mulai dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Pemerintah kecamatan bersama dengan pemerintah desa dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kabupaten Bolmong, selain melakukan penyemprotan disinfektan ke pemukiman warga dan fasilitas umum. Pemkab Bolmong melalui Puskesmas memberikan sosialisasi dengan membagikan leaflet, serta melakukan pemeriksaan kepada warga yang baru datang dari luar daerah.

Staf Puskesmas Lolak membagikan leaflet kepada warga
Staf Puskesmas Lolak membagikan leaflet kepada warga

Pada hari Kamis 2 April 2020, Puskesmas Lolak mulai turun langsung ke pemukiman warga, tempat umum dan pasar, untuk memberikan sosialisasi dengan membagikan leaflet (sarana publikasi singkat berbentuk selebaran) yang berisikan tentang pencegahan Covid 19. “Kami akan senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk sosialisasi seperti ini, agar masyarakat dan kita semua, benar-benar bisa memahami bahaya Covid-19,” ujar Kepala Puskesmas Lolak, Ani Wowor, Kamis (02/03/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Bolmong, melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Yusuf Detu, menyampaikan, bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, upaya pencegahan lainnya, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Kepala Desa dan Lurah agar dapat mengawasi serta melaporkan warganya yang baru kembali dari luar daerah, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan warga
Pemeriksaan kesehatan warga

“Kami juga meminta kepada Kepala Desa serta Lurah, agar terus melakukan pengawasan kepada siapa saja yang baru tiba dari luar Daerah dan langsung disampaikan ke pihak Puskesmas untuk segera dilakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini berdasarkan protokol pencegahan pandemi Covid-19,” ujar Yusuf.

Sebelumnya, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow agar tidak keluar rumah, apalagi bepergian ke wilayah maupun daerah yang sudah terdampak wabah Covid-19. Hindari interaksi dengan kerumunan banyak orang, pembatasan sosial atau menjaga jarak dengan tetap dirumah saja. Rajin mencuci tangan serta menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, Bupati berharap agar sementara waktu ini belum ada warga dari luar daerah yang masuk ke wilayah Bolmong, begitu juga sebaliknya. Hal ini dilakukan untuk pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Advertorial