Ardiles memberikan materi kepada peserta sosilaisasi.

BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), merupakan salah satu dari 270 daerah (9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota) yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Komisi Pemilihan Umun (KPU) Bolsel, telah memulai beberapa tahapan dalam persiapan pelaksanaan Pemilukada nanti.

Salah satu tahapan, yakni sosialisasi terkait persyaratan untuk bakalan pasangan calon bupati dan wakil bupati telah dilaksanakan. Mengundang Komisioner KPU Sulut, Ardiles Mewoh dan Yessy Momongan serta Komisioner Bawaslu Bolsel Monitha Mokodompit sebagai pemateri. Sosialisasi digelar hari Sabtu (8/8/2020) dengan mengambil tempat di Hotel Sutan Raja, Kota Kotamobagu.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh dalam materinya mengatakan, pengurus patai politik yang memiliki kursi di DPRD harus mencermati dokumen yang  dalam pencalonan, agar syarat pencalonan itu nantinya tidak ada permasalahan saat pendaftaran.

“Seluruh pengurus partai harus dapat memahami aturan dari persyaratan pencalonan itu. Untuk pendaftaran pencalonan dilakukan pada 4-6 September mendatang selama tiga hari. Ada dua mekanisme yang bisa ditempuh dalam syarat pendaftaran pencalonan, kata ArdielPertama terkait jumlah dukungan kursi yang dimiliki partai pengusung di DPRD kurang lebih 20 persen,” bebernya.

KPU Bolsel Tentang Syarat Bacalon Kepala Daerah Usungan Partai Politik Advertorial Bolsel Headline Politik Terkini
Penjelasan Eskolano kepada peserta sosialisasi.

Ketua KPU Bolsel, Stenly Eskolano Kakunsi menjelaskan, sosialisasi penting dilaksanakan, mengingat waktu pendaftaran bakal calon yang dimajukan pada bulan September. “Awal bulan September itu sudah masuk pada tahapan pembukaan pendaftaran bakal calon, sehingga perlu untuk dilakukan sosialisasi kepada pimpinan partai politik terutama yang memiliki kursi di DPRD terkait syarat dan persyaratan,” katanya

Sementara itu, Komisioner KPU Bolsel Divisi Teknis, Vijay Bumulo menambahkan, pendaftaran calon dimulai dari tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang,  untuk pendaftaran 4 sampai 5 Desember dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk 6 Desember, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

“Ada beberapa formulir yang harus diisi oleh partai politik yang akan mengusung bakal pasangan calon, kami juga membuka help desk agar pelayanan makin baik, disitu Parpol bisa bertanya terkait penyerahan dukung pendaftaran bakal pasangan calon,” kata Vijay.

KPU Bolsel Tentang Syarat Bacalon Kepala Daerah Usungan Partai Politik Advertorial Bolsel Headline Politik Terkini
Peserta sosialisasi dari partai dan LO Bacalon Kada.

Lanjut dia, hanya ada satu Parpol di Bolsel yang bisa mengajukan bakal pasangan calon, yakni PDI Perjuangan. Sisanya tentu koalisi, Partai yang bisa mengajukan adalah partai yang mendapatkan kursi di DPRD Bolsel.

Selain itu, kata Vijay, persyaratan Bacalon diusung Parpol yang cukup 20 persen. Ada juga syarat lain yang harus dimiliki oleh bakal pasangan calon adalah surat keterangan sehat dari dokter, surat keterangan bebas narkoba dari BNN dan surat keterangan sehat dari dokter psikologi.

“Nanti setelah pendaftaran mereka (Bapaslon) akan ada proses pengecekan kesehatan. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan IDI, BNN dan himpunan psikologi. Persyaratan itu adalah wajib,” tegasnya.

Sosialisasi turut dihadiri unsur Forkopimda Bolsel, pimpinan partai politik, Liaison Officer (LO) bakal pasangan calon dan tokoh masyarakat dan pers.

Advetorial