BAGIKAN
Kepala Bappeda Bolmong memperlihatkan penghargaan yang baru diterimanya.

BOLMONG – Sistem perencanaan dan penganggaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) berbasis elektronik, meraih penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dari 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Bolmong satu-satunya Kabupaten yang mendapat piagam penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri.

Piagam penghargaan yang diberikan oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo tersebut di terima oleh kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah (Bappeda) Bolmong Yarlis Awaluddin Hatam, Selasa (15/10/2019) di Hotel Grand Paragon, Jalan Gajah Mada 128, Jakarta Barat.

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis didampingi oleh Ketua KPK Agus Rahardjo dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Hudori, dalam acara Sosialisasi Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)

Penghargaan tersebut, diraih oleh Pemkab Bolmong, karena telah berhasil mengintegrasikan sistem perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik kedalam sistem informasi daerah.

Kemendagri Beri Penghargaan kepada Pemkab Bolmong Advertorial Bolmong Terkini

Adapun Kabupaten/kota yang mendapat piagam penghargaan adalah Kabupaten Lingga, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Klaten. Sedangkan tingkat Kota, yakni Kota Makassar, Kota Pagar Alam dan Kota Pekalongan. Untuk tingkat Provinsi yang menerima penghargaan yakni; Provinsi Banten, Provinsi Papua, dan Provinsi Jambi.

Mendagri Tjahjo Kumolo, menyampaikan, bahwa kabupaten yang menerima Piagam penghargaan, berarti itu terbaik.

Dengan diberikan penghargaan kepada sejumlah daerah tersebut, diharapkan pengelolaan informasi semakin terbuka. Termasuk kepada daerah lainnnya yang belum mendapatkan penghargaan, kata Tjahjo.

Mendagri berharap, dengan diluncurkannya (launching) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) diharapkan Pemkab mampu mengintegrasikan sistem informasi dengan Keuangan Daerah (Keuda) dan semakin terbuka terhadap pengelolaan informasi untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

Kemendagri Beri Penghargaan kepada Pemkab Bolmong Advertorial Bolmong Terkini

Sementara itu, kepala Bappeda Yarlis Hatam, yang mewakili Bupati menerima penghargaan tersebut, mengatakan, sangat bersyukur dan bangga atas penghargaan yang diraih. “Alhamdulillah, Kabupaten Bolmong pada forum Sosialisasi Permendagri Nomor: 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), mendapatkan piagam penghargaan dari Bapak Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa Kemendagri sudah melaunching SIPD yang terintegrasi antara informasi perencanaan dan pembangunan serta informasi keuangan daerah. Ia menjelaskan, dalam arahan Mendagri, untuk membangun hubungan tata kelola antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus lebih efektif lagi.

Kabupaten Bolmong sendiri, telah terintegrasi secara keseluruhan melalui sistem manajemen pembangunan moderen mulai dari; e-Database, e-Planning, e-Monev, e-Budgeting hingga e-Sakip. Selain itu juga, e-Planning Kabupaten Bolmong telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah Dirjen Pembangunan Daerah RI.

Advetorial