BOLMONG – Ibukota Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang dipusatkan di Kecamatan Lolak terus dilakukan penataan. Senin (07/09/2020) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menggelar rapat pra pembahasan atas rancangan peraturan daerah (Ranperda) usulan eksekutif tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) perkotaan Lolak Tahun 2020-2040.

Rapat digelar di ruang rapat paripurna gedung DPRD Bolmong, dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Welty Komaling, serta dihadiri Ketua Bapemperda Masud Lauma, Wakil Ketua Bapemperda Marthen Tangkere, serta anggota Bapemperda masing-masing, Supandri Damogalad, Tonny Tumbelaka, I Wayan Gede, Masri Masenge, Sutarsi Mokodompit dan Harianty Kiay Mastari.

DPRD Bolmong Gelar Rapat Pembahasan RDTR Kota Lolak Advertorial Bolmong Headline

Sementara dari kalangan Eksekutif dihadiri Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Perhubungan, Dinas PTSP, Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Dinas Pariwisata dan lainnya. Rapat tersebut berjalan baik, meskipun sempat diwarnai dengan beberapa interupsi serta berbagai pertanyaan dari anggota DPRD.

Ketua Bapemperda, Masud Lauma, mengatakan, bahwa pembahasan berjalan dengan lancar. Berbagai masukan serta saran telah disampaikan oleh teman-teman anggota DPRD. “Rencana dari PUPR sudah kita sinkronkan dengan zona-zona. Memang RDTR harus kita dalami, kami harus mengetahui pembagian setiap zona yang ada,” ujarnya.

DPRD Bolmong Gelar Rapat Pembahasan RDTR Kota Lolak Advertorial Bolmong Headline

Untuk pembahasan tahapan selanjutnya kata Lauma, adalah finalisasi. Dalam tahapan itu, pihaknya akan berkonsultasi dengan Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham). “Akan kita konsultasikan, agar ini benar benar menjadi produk hukum yang menunjang pembangunan Lolak,” ungkapnya.

Disisi lain, anggota DPRD Bolmong, Supandri Damogalad, menambahkan, bahwa untuk menyambut kawasan industri mongondow (Kimong) kota Lolak harus dimodernisasi. “Lolak harus siap menunjang Kimong,” imbuhnya.

Ia menegaskan, agar infrastruktur di kota Lolak harus dibangun serta ditata dengan baik, sehingga kegiatan ekonomi disana bisa berkembang. ‚ÄúDisinilah peran kita dalam memberi masukan serta mengawal agenda penting pemerintah yang bertujuan memajukan rakyat,” tandasnya.

Advertorial