BOLMONG – Perhatian pemerintah daerah Kabupaten Bolaang Mongondow dalam menghadapi bencana non alam terus dilakukan. Berbagai bantuan diberikan kepada warga yang terdampak Covid-19. Mulai dari bantuan sosial (Bansos) tahap pertama sampai dengan tahap III. Hari ini Selasa, (29/09/2020) Pemkab Bolmong kembali menyalurkan Bansos tahap IV, di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak. Penyaluran tersebut dimulai sejak kemarin di Kecamatan Passi Barat dan Bolaang.

Bantuan untuk percepatan penanganan Covid-19 bagi warga Bolmong yang terdampak ini, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati, Yanny Ronny Tuuk, di balai pertemuan umum (BPU) Desa Batu Merah Kecamatan Sangtombolang dan Balai Desa Tuyat Kecamatan Lolak. Hadir dalam penyerahan Bansos tersebut, masing-masing Camat Sang Tombolang dan Camat Lolak, Forkopimcam, Asisten II Zainudin Paputungan, Kepala Dinas Sosial Abdul Haris Bambela, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) I Nyoman Sukra, Kepala Desa serta masyarakat penerima.

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Serahkan Bansos Tahap IV di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak Advertorial Bolmong Headline Terkini

Adapun jenis bantuan yang diserahkan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari DKP berupa beras jenis premium, bantuan aneka jenis bibit cabe dan sayur mayur bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk pemanfaatan lahan pekarangan, bantuan sarana produksi dari Dinas Pertanian, bantuan paket sembako serta penyerahan BST tahap IV tahun 2020 dari Dinas Sosial.

Bupati Yasti saat memberikan sambutan, menyampaikan, bahwa dirinya bersama dengan wakil bupati turun langsung menyerahkan bantuan ini untuk memastikan bahwa berbagai bantuan tersebut tepat sasaran. “Sengaja saya turun langsung untuk mengecek, apakah bantuan telah sampai dan langsung diserahkan kepada warga yang berhak menerima,” kata Yasti.

Ia berharap, agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Karena berbagai bantuan tersebut merupakan bukti bentuk perhatian serta kepedulian Pemerintah Pusat, maupun Provinsi, serta Pemerintah daerah dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Serahkan Bansos Tahap IV di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak Advertorial Bolmong Headline Terkini

Yasti mengatakan, untuk bantuan tahap V, VI dan VII, itu nantinya akan diserahkan pada akhir bulan Oktober, kemudian ke VIII dan IX akan disalurkan di awal bulan Desember. “Akhir Oktober dan diawal November akan diserahkan dan langsung diterima tiga bulan sekaligus. Dan dua tahap di bulan Desember,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga kembali menegaskan kepada masyarakat Bolmong, tentang pentingnya menjaga kesehatan dimasa pandemi Covid-19, dengan menerapkan program 3 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jika program ini benar-benar diterapkan maka kita akan terhindar dari bahaya Covid-19.

“Program ini wajib diterapkan, karena sekarang ini orang yang terinfeksi virus covid tidak bisa dipastikan betul. Kelihatan sehat tapi ternyata di badannya ada virus. Ingat penularan virus ini melalui percikan ludah (Droplet). Oleh sebab itu, apapun aktivitas yang dilakukan perlu untuk menerapkan 3 M, supaya menang melawan Covid-19,” ujar Yasti.

Sementara itu, Kepala DKP I Nyoman Sukra menjelaskan, Bansos tahap IV jumlah penerima bantuan bagi masyarakat terdampak Covid itu jumlahnya bertambah. Dari 8.370 Kepala Keluarga (KK) di tahap I, II dan III saat ini bertambah menjadi 19.373 KK. “Jumlah penerima bertambah, baik melalui APBD maupun APBN dan juga yang di top up oleh Pemkab. Kemudian yang dibiayai oleh APBD yakni, 9.170 KK, namun ada juga yang di top up seperti penerima BST dan penerima bantuan dari Kementerian Kelautan sehingga total yang menerima yaitu 19.373 KK,” jelasnya.

Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Serahkan Bansos Tahap IV di Kecamatan Sangtombolang dan Lolak Advertorial Bolmong Headline Terkini

Begitu juga dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinsos Abdul Haris Bambela, bahwa untuk bantuan tahap IV kata dia, terdapat penambahan jumlah penerima sebanyak 800 KK. “Yang akan menerima paket sembako dari Dinsos yakni ada 5.048 KK. Masing-masing mendapatkan beras 18 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula pasir 4 kilogram, dan 8 ikan kaleng,” tutupnya.

Perlu diiketahui, bahwa bantuan tahap IV ini telah dilakukan penyesuaian dengan bantuan dari Pemerintah Pusat, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa, dimana pada tahap IV ini telah dikurangi jumlah bantuannya, dari Rp 600 ribu, menjadi Rp 300 ribu.

Awalnya, Pemkab Bolmong telah menata besaran bantuan bahan pangan ini menyesuaikan dengan pemerintah pusat. Itu dilakukan guna keadilan bagi seluruh penerima. Oleh karena itu penerima lainnya seperti BPNT di subsidi oleh Pemkab Bolmong, agar besarannya sama. Tapi untuk tahap empat ini sudah berubah, dan telah di sesuaikan.

Sehingga Pemkab Bolmong, menyesuaikan dengan mengurangi jumlah bantuan jenis beras, dari 36 Kg per Kepala Keluarga (KK) menjadi 18 Kg setiap KK, namun dalam pengurangan ini Pemkab melakukan penambahan atau perluasan penerima bantuan sebanyak 800 KK dan Top Up APBD berupa beras 10 Kg per KK kepada para penerima BST sebanyak 10.203 KK.

Advertorial