BAGIKAN

BOLMONG – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, kembali bertatap muka dengan masyarakat dan para petani di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dalam rangkaian kunjungan kerja pemerintah Provinsi Sulut. Gubernur dan Wakil Gubernur, didampingi langsung oleh Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dan Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk.

Memasuki hari ketiga kunjungan Gubernur dan Wakil Gubernur di Kabupaten Bolmong tersebut, dalam rangka melakukan panen bersama padi sawah dan tanaman jagung, serta penyerahan paket bantuan pertaninan dan perkebunan kepada para petani, yang dilaksanakan di Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan, Senin (24/2/2020).

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Gubernur Sulawesi Utara dan rombongan. Karena hari ini merupakan hari ketiga, bersilahturahim dan bersama-sama dengan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow.

“Panen bersama dan penyerahan bantuan pada hari ini merupakan bukti kepedulian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara kepada Petani, di Kabupaten Bolaang Mongondow, sesuai dengan jargon Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan atau ODSK. Sehingga dengan adanya bantuan ini, diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani. Sekaligus Kabupaten Bolaang Mongondow tetap menjadi daerah sentra produksi beras di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Yasti.

Dalam kesempatan itu, Bupati menggambarkan sedikit terkait potensi lahan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Bolmong. “Luas lahan sawah tani ada kurang lebih 19 ribu hektar, dan pada hari ini pak Gubernur memberikan bantuan untuk 36 ribu hektar bibit padi. Itu berarti ada dua stengah kali musim tanam yang sudah dibantu oleh pak Gubernur. Kemudian, luas lahan Jagung kita ada 68 ribu hektar, dan kita mendapat bantuan kurang lebih 48 ribu hektar bibit Jagung,” ungkap Yasti.

Sedangkan untuk sektor perkebunan kata Yasti, cukup besar luas lahannya. Mempunyai areal kurang lebih 115 ribu hektar lahan perkebunan, yang terdiri dari lahan perkebunan kopi kurang lebih 15 ribu hektar, tanaman coklat kurang lebih 19 ribu hampir 20 ribu hektar. Kemudian kelapa kurang lebih 48 hektar dan diikuti oleh tanaman cengkeh serta yang lainnya. Sementara itu lanjut Yasti, untuk sektor lahan tanaman Holtiluktura. Kabupaten Bolaang Mongondow memiliki luas lahan kurang lebih 7000 hektar.

“Pemerintah Kabupaten Bolmong dan masyarakat, sangat berterima kasih atas kepemimpinan bapak Gubernur dan Wakil Gubernur selama 4 tahun menjabat. Karena sebagai Bupati di Kabupaten Bolmong, kami merasakan betul perkembangan dan bantuan begitu banyak yang diberikan bapak Gubernur kepada pemerintah Kabupaten Bolmong,” ucap Yasti.

Gubernur Olly Dondokambey, saat memberikan sambutan, menyampaikan, bahwa program tanaman Jagung di Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 adalah 70 ribu hektar. Untuk Kabupaten Bolaang Mongondow pemerintah provinsi alokasikan tanaman Jagung, sebesar 50 ribu hektar.

“Program tanaman Jagung kita, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 60 ribu hektar. Yang diberikan kepada Kabupaten Bolmong 40 ribu hektar. Sekarang tahun 2020 naik lagi dan yang kita berikan untuk Bolaang Mongondow 50 ribu hektar. Dari 70 ribu hektar untuk Sulut, lebih besar diberikan kepada Kabupaten Bolmong yaitu 50 ribu hektar. Karena masyarakat Bolmong, lebih rajin menanam Jagung,” kata Olly.

Untuk tahun depan, Gubernur berjanji akan menaikkan lagi bantuan sektor pertanian di Kabupaten Bolaang Mongondow. “Semoga tahun depan kita akan lebih tingkatkan lagi, program bantuan bidang pertanian di Bolmong” pungkas Olly.

Usai memberikan sambutan, Gubernur dan Wakil Gubernur di dampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati menyerahkan paket bantuan dari pemerintah provinsi. Kemudian dilanjutkan dengan panen bersama Padi dan tanaman Jagung.

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua tim Penggerak PKK Sulut ibu Rita Tamuntuan, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Walikota Kotamobagu Tatong Bara bersama Wakil Walikota Nayodo Kurniawan, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Dandim 1303 Sigit Dwi Cahyono, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Anggota DPRD Provinsi Rocky Wowor dan James Tuuk, serta jajaran pemerintah provinsi dan perangkat daerah kabupaten Bolmong.

Advertorial