BAGIKAN
Bupati saat memberikan kuliah umum.

BOLMONG – Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tahun 2019, yang sedang mengikuti Latihan Dasar (Latsar) mendapat kuliah umum dari Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (25/10/2019) di Gedung Yadika, Desa Kopandakan II, Kecamatan Lolayan.

Top Eksekutif Bolmong ini, dihadapan 108 peserta Latsar, memaparkan tentang kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan organisasi dan fungsi pembentukan organisasi Pemerintahan, serta pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah.

Yasti menyampaikan, bahwa selama ini sudah 10 kali terjadi kebijakan perubahan Desentralisasi. Dari sekian perubahan tersebut, ada 7 diantaranya paling dominan perubahan Desentralisasi. Untuk fungsi pembentukan organisasi Pemerintahan, kata Yasti. Terbagi dalam empat poin yang terdiri dari pelayanan, pembangunan, pemberdayaan dan pengaturan. Untuk pembentukan organisasi Pemerintahan memilki 4 fungsi dan semuanya memilki tujuan.

Bupati didampingi Kepala BKPP Bolmong, Umaruddin Amba.

“Tujuan pertama, yaitu Pelayanan. Yang bertujuan untuk terciptanya keadilan. Tentu dengan tujuan agar tidak membeda-bedakan suku, ras dan agama. Kemudian yang kedua, pembangunan yang bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan. Yaitu, dari hasil pajak pemerintah membangun infrastruktur untuk kebutuhan masyarakat,” terang Yasti.

Selanjutnya, kata Yasti, pemberdayaan tujuannya adalah kemandirian. Pemerintah berusaha untuk memberdayakan masyarakat dengan berbagai pelatihan. Sehingga masyarakat mandiri untuk membuat suatu inovasi dan usaha dengan produk yang baik dan berkualitas. Terakhir adalah Pengaturan, tujuannya untuk ketertiban. Masyarakat perlu diatur dengan Peraturan Daerah dan Pemerintah Daerah juga diatur dengan Undang undang, jelas Yasti.

CPNS peserta Latsar.

Srikandi Bolmong ini juga menyampaikan, tentang tujuan Otonomi Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Yasti mengatakan, bahwa Otonomi Daerah memiliki dua tujuan, yaitu Politik dan Administrasi.

“Tujuan Politiknya untuk meningkatkan kualitas dan mempercepat demokratisasi di Daerah dan meningkatkan peran, serta partisipasi masyarakat dalam Pemerintahan. Sedangkan untuk Adminsitrasi tujuannya untuk memperpendek pelayanan pada masyarakat serta menghadirkan Pemerintahan yang lebih responsive dan akuntabel,” kata Yasti.

Bupati juga mendorong agar Latsar Calon PNS tahun 2019 ini melahirkan birokrat-birokat handal yang menjadi harapan bagi daerah kedepan, serta menjadi ASN yang memiliki integritas dan kapabilitas serta profesional.

Advetorial