BOLSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupatan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Rapat kordinasi (Rakor) Evaluasi Pengawasan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) bersama seluruh jajaran Panwascam se-Bolsel. Rakor dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Jumat (7/8/2020). 

Komisioner Bawaslu Bolsel, Kifli Yuddy Malonda, yang menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan, tujuan Rakor untuk mengevaluasi kinerja jajaran Panwascam hingga Pengawas Kelurahan Desa (PKD) dalam rangka melakukan pengawasan tahapan Coklit yang sudah berjalan sejak dua pekan.

“Selain mengevaluasi kinerja, Bawaslu ingin memastikan terpenuhinya Alat Kerja Pengawasan (AKP) oleh PKD sesuai data yang didapat saat melakukan pengawasan langsung di lapangan,” kata Malonda.

Bawaslu Bolsel Evaluasi Pelaksanaan Coklit Advertorial Bolsel Headline Politik Terkini

Tambah dia, Rakor juga untuk mengidentifikasi kendala yang ditemukan dilapangan, termasuk memastikan tidak ada warga yang tidak terdata oleh petugas pendataan.

“Tugas kita adalah memastikan terpenuhinya data pemilih yang akuntabel, sehingga perlu adanya dokumentasi lapangan sebagai arsip selaku penyelenggara dalam hal pengawasan,” jelasnya.

Bawaslu Bolsel Evaluasi Pelaksanaan Coklit Advertorial Bolsel Headline Politik Terkini

Sementara itu, Koordinator Sekretaris Bawaslu Bolsel, Artur Adler Waroka menambahkan, menyambut pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 mendatang, PKD memiliki tugas yang berat dalam hal pengawasan. Mereka (Panwascam dan PKD), , kata Arthur, perlu dibekali dengan berbagai informasi agar lebih ketat dalam menjalankan tugas dan fungsi.

“Jadi, PKD harus bekerja dengan bersungguh-sungguh dalam hal pengawasan di tingkatan desa dan pastinya kami Bawaslu siap untuk menghadapi Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tanggal 09 Desember 2020 nanti,” ujarnya sembari menegaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Advetorial