BAGIKAN

BOLMONG – Warga masyarakat yang tertimpa bencana banjir bandang di Desa Domisil dan Desa Pangi Timur, Kecamatan Sang Tombolang, terus mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pasca banjir bandang tersebut, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow dan Sekretaris Daerah Tahlis Gallang, pada hari Jumat (06/03/2020) mengerahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Bolmong, untuk melakukan kerja bakti masal di dua Desa yang terdampak banjir.

Diskominfo membersihkan rumah salah satu warga yang terdampak banjir

Kerja bakti tersebut dipimpin langsung oleh, Panglima ASN Bolmong Tahlis Gallang, yang turun langsung bersama-sama dengan para ASN untuk membersihkan rumah warga dan tempat umum yang terdampak banjir.

Seluruh ASN Bolmong, mendatangi rumah-rumah warga yang masih dipenuhi material lumpur pasca banjir bandang. Kemudian secara bersama-sama para ASN ini membersihkan lumpur serta tumpukkan pohon yang menimpa rumah warga.

Sekda Bolmong Tahlis Gallang saat memimpin kerja bhakti di lokasi bencana

 

Tahlis menyampaikan, bahwa para ASN sejak pagi sudah diterjunkan ke lokasi guna melakukan pembersihan rumah warga yang terdampak banjir. “Tugas mereka untuk membantu warga membersihkan rumah hingga halaman yang masih dipenuhi lumpur dan material akibat banjir,” ujar Tahlis.

Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kata Tahlis, langsung mengambil bagian dimasing masing rumah warga yang terdampak banjir. “Setiap SKPD ada yang di Desa Domisil dan ada yang ke Desa Pangi Timur dan Pangi Induk. Mereka langsung membantu membersihkan tempat tinggal warga,” kata Tahlis.

DP3A melakukan pendampingan anak di lokasi bencana

Selain melakukan kerja bakti masal pasca banjir, Pemkab Bolmong juga mendirikan posko pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat yang terdampak banjir. Dengan melakukan pemeriksaan, perawatan kepada warga serta menyediakan obat-obatan kepada masyarakat di dua Desa yang terdampak banjir.

Bahkan anak-anak yang terdampak banjir pun, tak luput juga dari perhatian Pemkab Bolmong. Anak-anak di Desa Domisil dan Pangi Timur terus mendapat pendampingan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Bolmong, untuk menghilangkan rasa trauma bagi anak yang tertimpa bencana banjir.

Advertorial