BAGIKAN

BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menyalurkan bantuan sosial kepada petugas agama islam (Imam dan Pegawai Syar’i). Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Yasti pada, Kamis (21/05/2020) bertempat di Restoran D Talaga, jalan Bubak.

Bantuan sosial ini, merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow dan pihak Bank SulutGO, BNI, serta PT J Resources kepada imam dan pegawai syar’i se-Kabupaten Bolmong yang terdampak COVID-19.

Dalam kesempatan itu, Bupati Yasti menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada Bank SulutGO, BNI, serta PT JRBM yang sudah membantu pemerintah daerah menyalurkan bantuan untuk warga yang terkena dampak Covid-19.

“Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada BNI, Bank SulutGo, serta PT JRBM yang menyalurkan bantuan untuk para imam dan pegawai syar’i se-Kabupaten Bolmong,” ucap Yasti.

Bupati mengatakan bahwa, pemberian bantuan kepada petugas agama Islam sudah menjadi agenda rutin pemerintah daerah setiap memasuki bulan suci Ramadhan, seperti pada saat kegiatan safari Ramadhan Pemkab Bolmong di setiap Kecamatan.

Namun untuk tahun ini lanjut Yasti, safari Ramadhan Pemkab Bolmong tidak dilaksanakan karena adanya wabah virus corona. Akan tetapi bentuk perhatian serta tanggung jawab pemerintah daerah kepada imam dan pegawai syar’i tetap dijalankan.

 

“Meskipun ditengah pandemi Covid-19, tanggung jawab kita kepada imam dan pegawai syar’i tetap kita tunaikan. Dalam kesempatan ini juga, saya atas nama Pemkab Bolmong memohon maaf karena tahun ini tidak bisa melaksanakan safari Ramadhan,” ungkap Yasti.

Untuk penyaluran bantuan ini, Bupati meminta kepada para Camat agar mengawal proses penyalurannya, serta memastikan bantuan tersebut tepat sasaran. Karena selain bantuan paket sembako, baju koko dan mukena, ada juga bantuan uang tunai dari hamba Allah.

“Nanti ada bantuan dari hamba Allah dan PT JRBM, berupa uang tunai yang sudah dimasukan dalam amplop kepada imam dan pegawai syar’i. Saya minta kepada Camat agar penyalurannya dipantau, jangan sampai ada yang menerima sembako tapi tidak menerima uang. Saya harus memperjelas ini agar tidak ada yang keliru,” tegas Yasti.

Sementara itu, untuk bantuan sosial tahap dua dari Pemkab Bolmong kepada warga yang terdampak Covid-19, Yasti menyampaikan, akan segera disalurkan pada akhir bulan Mei. Begitu juga dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana Desa. “Saya akan turun langsung membagikan sembako tahap dua bersamaan dengan penyaluran BLT,” jelas Yasti.

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan dari BNI sebanyak 500 kantong sembako, serta Bank SulutGO 325 kantong, yang berisi beras, gula, minyak goreng dan ikan kaleng. Untuk jumlah penerima sebanyak 825 orang petugas agama dari 15 kecamatan. Yang terdiri dari, 621 orang laki-laki dan 204 orang untuk perempuan.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati mengimbau kepada seluruh masyarakat Bolmong agar melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah masing-masing. Mengingat saat ini di Kabupten Bolmong sudah ada pasien positif terinfeksi Covid-19.

“Warga Bolmong sebaiknya melaksanakan sholat Idul Fitri di rumah saja. Karena saat ini sudah ada satu pasien perempuan umur 54 tahun asal Desa Pindol, Kecamatan Lolak yang dinyatakan positif Covid-19. Imbauan Sholat Ied di rumah, berdasarkan keputusan Pemerintah pusat, MUI Pusat, MUI Provinsi Sulut, dan Pemprov Sulut,” ujar Yasti.

Imbuan pemerintah ini kata Yasti, untuk mencegah serta memutus mata rantai penularan. Karena kasus pertama positif Covid-19 perempuan umur 54 tahun tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan. Oleh karena itu masyarakat harus tetap waspada dan jangan panik, serta ikuti anjuran pemerintah. Hindari kerumunan, gunakan masker, jaga jarak dan terapkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan secara simbolis tersebut, Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang, Asisten Setda Bolmong, Ketua MUI Bolmong Sulaiman Amba, sejumlah pimpinan SKPD, pimpinan Bank SulutGo Cabang Lolak, Kamaludin Zees, pimpinan BNI Cabang Lolak, pihak JRBM, dan para Camat, serta perwakilan penerima bantuan sosial.

Advertorial