Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar
Iskandar Kamaru saat menyampaikan sambutan.

PORTALMONGONDOW.com – Masa transisi anak dari masa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar dipandang perlu adanya pemahaman dari guru dan orang tua.

Pentingnya pemahaman masa transisi agar tidak menghambat hak-hak dasar anak untuk siap menjadi pembelajar seumur hidup (long life education).

Hal ini dipaparkan oleh Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Hi Iskandar Kamaru SPt, MSi pada pembukaan Sosialisasi Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan Merdeka Belajar Episode 24 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango, Kecamatan Bolaang Uki, Selasa (20/6/2023).

“Saat anak masuk SD, seharusnya mereka sudah dalam status siap sekolah dengan dilengkapi berbagai kemampuan dasar. Masa transisi saat anak memasuki kelas awal di SD menjadi masa yang sangat penting untuk menguatkan berbagai kemampuan pondasi pada anak,” jelasnya.

Iskandar Kamaru
Bupati Iskandar menandatangani komitmen penguatan transisi PAUD ke SD.

Lanjut bupati, pengertian transisi dalam konteks ini adalah anak berpindah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar baru sedangkan siap sekolah adalah kondisi di mana anak memiliki kemampuan pondasi sebagai pembelajar sepanjang hayat.

“Transisi itu usia peralihan di mana kita harus mampu mengajarkan pada anak berdasarkan kebutuhannya. Transisi yang efektif adalah saat anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian saat perpindahan,” tuturnya.

Ditegaskannya, indikator dalam penguatan transisi PAUD ke SD tahun 2023 adalah, yang pertama; sudah tidak ada lagi sekolah yang melakukan tes baca tulis hitung (calistung) dalam penerimaan siswa baru.

PAUD
Peserta kegiatan.

Kedua; ada dua minggu pertama anak dan orang tua merasa nyaman dengan lingkungannya serta sekolah mendapat potret pencapaian siswa melalui kegiatan yang menyenangkan sebagai asesmen awal dalam merancang rencana pembelajaran selanjutnya.

Sedangkan yang ketiga, sekolah memilih kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan. Semoga melalui sosialisasi ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menyukseskan program transisi PAUD ke SD di daerah ini,” ujar bupati menutup arahannya.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi Dukungan Transisi PAUD ke SD. Hadir dalam acara Sekretaris TP-PKK Ny. Rosdiana Abdul Hamid-Lapatola, para Asisten Sekda, Kadis Dikbud Rante Hattani SPd, MSi bersama jajaran, para pimpinan PD, para Sangadi dan Bunda PAUD desa serta undangan lainnya.

Advertorial

Artikulli paraprakBupati Bolsel Hadir di Pembukaan STQH ke-27 Sulut di Minahasa Selatan
Artikulli tjetërDeddy Abdul Hamid Tutup Bimtek Imam dan Pegawai Syar’i Bolsel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini