Foto bersama atlet yang melakukan atraksi pembukaan.

BOLSEL – Event Nasional Paragliding Trip of Indonesia (TRoI) 2022 Seri ke 4 telah resmi dimulai di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Sulut Asripan Nani didampingi Bupati Bolsel Iskandar Kamaru membuka kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Olahraga Desa Momalia Kecamatan Posigadan, Jumat, 15 Juli 2022.

Acara diawali dengan Tarian Penyambutan. Kemudian, menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Mars Bolsel.

Ketua Panitia Penyelenggara Wahyudin Kadullah dalam laporannya menyebut event ini digelar untuk memperkenalkan seluruh potensi wisata di Bolsel, salah satunya adalah Spot Terbang Bukit Berkah di Kecamatan Posigadan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Bolsel ini, ajang ini juga untuk memperkenalkan olahraga dirgantara Paragliding atau Paralayang yang dimana saat ini diikuti oleh 106 atlit dari 12 provinsi se-Indonesia yg akan berlaga pada 15 sampai 17 Juli 2022.

Asripan Nani pada pidato pembukaan.

Sementara itu, Iskandar Kamaru dalam pidato sambutannya memohon permakluman kepada para atlit dan undangan jika masih banyak kekurangan yg ditemui. Bupati berjanji ke depan berbagai fasilitas penunjang akan ditingkatkan lagi.

Ia menyambut peserta yang datang dari 12 provinsi dan perwakilan TNI Angkatan Udara sembari memperkenalkan potensi wisata yang ada di daerah yang dipimpinnya.

“Selamat datang di Bolsel. Selamat bertanding. Mari kita jelajahi seluruh potensi wisata yg ada. Saat ini kita sedang mengembangkan konsep wisata ‘One Stop Adventure in Bolsel’. Di sini ada spot terbang dan selam yg memacu adrenalin,” ujar Iskandar.

Dirinya berharap para peserta dapat menggaungkan iven nasional ini agar potensi wisata Bolsel dapat diketahui lebih luas lagi.

“Mari viralkan acara ini di Facebook, Instagram, Tiktok dan media sosial lainnya agar potensi wisata Bolsel dapat me-nasional bahkan mendunia,” pungkasnya.

Peserta Paralayang TRoI Seri 4.

Asripan Nani yang mewakili Gubernur Sulut berharap ajang ini dapat memotivasi atlit paralayang Sulut untuk berprestasi lebih baik lagi.

“Semoga event ini dapat menggairahkan sektor pariwisata di Sulut dan di Bolsel,” ujarnya.

Pembukaan Paragiliding TroI Seri 4 di Bolsel turut dihadiri oleh Sekjen PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Marsekal Muda TNI Fajar Adriyanto. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa Spot Terbang Bukit Berkah yang ada di Desa Momalia merupakan satu dari tujuh spot terbang menarik di Indonesia.

“Spot terbang di Bolsel sangat unik karena di dekat spot pendaratan ada spot diving,” kata Fajar.

Ia menjelaskan, TRoI diselenggarakan untuk memperkenalkan sejumlah lokasi olahraga dirgantara di seluruh Indonesia sekaligus menggerakkan sektor pariwisata dan produk kreatif di daerah penyelenggara.

“Terima kasih kepada Pemprov Sulut dan Pemkab Bolsel yang sudah menggelar ajang ini. Kiranya para atlit bertanding dengan baik dan junjung tinggi sportivitas agar nantinya kejuaraan ini menghasilkan atlit-atlit paragliding yang berkualitas. Ke depan kami akan datangkan atlit-atlit paragliding internasional,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan atraksi terbang 10 atlit paralayang dari Bukit Berkah yg mendarat tepat di tengah Lapangan Momalia.

Turut hadir Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid, anggota DPRD Bolsel, unsur Forkopimda Bolsel, Kajari Kotamobagu Elwin A Khahar SH,MH, jajaran Pengurus FASI Sulut, Ketua TP-PKK Bolsel Selpian Kamaru-Manoppo, para pimpinan OPD beserta jajaran ASN dan masyarakat umum.

Advetorial