BOLSEL – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid melepas rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) tahun 2022 atau 1443 H. Pelepasan JCH berjumlah 8 orang berlangsung di gedung Pelayanan Haji dan Umroh, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolsel, Kawasan Perkantoran Panango, Desa Tabilaa Kecamatan Bolaang Uki, Jumat (24/6/2022).

Deddy Abdul Hamid dalam sambutannya mengucapkan syukur karena akhirnya tahun ini Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu bagi kedatangan JCH Indonesia.

“Bapak,Ibu yang masuk dalam kuota haji tahun ini wajib bersyukur, yang diwujudkan dengan menjaga kesehatan serta beribadah di tanah suci dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Wabup mengimbau kepada seluruh JCH Bolsel untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat secara disiplin sehingga keseluruhan rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik karena meski dinilai telah kondusif, namun Covid-19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata.

“Walaupun telah mendapatkan vaksinasi lengkap Covid-19, tetap berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum dan istirahat yang cukup sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunnah ibadah haji,” pesannya.

Deddy juga mengingatkan JCH untuk senantiasa disiplin mengatur waktu dan mengikuti arahan Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah serta Petugas Kesehatan haji.

“Jadwal dan waktu yang telah ditentukan hendaknya diperhatikan dan diikuti dengan baik, sehingga Bapak-Ibu dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik,” ujar Wabup.

Diakhir sambutannya Deddy Abdul Hamid menitip pesan kepada seluruh JCH, selain berdoa untuk diri dan keluarga, agar ikut mendoakan Kabupaten Bolsel senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, terbebas dari bencana, dan mampu mengurai berbagai macam permasalahan yang tengah dihadapi.

Sebagai informasi, JCH Bolsel tahun 2022 (1443 H) berjumlah 8 orang dan ditambah 1 orang Petugas Haji atas nama Moh. Dzulkifli Latoale SAg (Kasie Haji dan Umroh Kemenag Bolsel). Kuota Haji untuk Bolsel tahun 2022 sebenarnya berjumlah 14 orang, namun regulasi dari Pemerintah Arab Saudi yang membatasi umur (60 thn) Jamaah Haji tahun ini dan kendala teknis lainnya sehingga praktis hanya 8 orang yang memenuhi syarat untuk berangkat haji.

Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Bolsel, Asisten Pemerintahan dan Kesra Alsyafri Kadullah, para staf khusus Bupati, jajaran pimpinan PD serta undangan lainnya.

Advertorial