KOTAMOBAGU – Terjadi kebakaran hebat di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Kebakaran terjadi pad Kamis (3/3/2022) sekira pukul 03.00 Wita di hari.

Tiga unit pemadam kebakaran ( Damkar) milik Pemkot Kotamobagu dan satu unit water canon milik Polres Kotamobagu dikerahkan untuk mengatasi “lalapan” si jago merah itu. Petugas Damkar maupun polisi masih terus memadamkan api hingga pagi hari.

Dari laporan polisi, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Pun tahanan yang berada di penjara berhasil diselamatkan.

“Semua berhasil diselamatkan. Mereka ada 15 orang,” Kasat Tahti Polres Kotamobagu, IPTU Haris A Madopi.

Menurut Haris, agar tahanan tidak melarikan diri, mereka dipindahkan ke penjara Polsek Kotamobagu.

Kebakaran ini mengakibatkan bangunan utama Mapolres ludes terbakar termasuk ruangan Kapolres dan Wakapolres dan juga gug senjata. Meski begitu, masih ada bangunan yang tidak tersentuh api. Bangunan-bangunan ini terpisah dari bangunan utama sehingga selamat dari kobaran api.

“Sebelas unit motor yang menjadi barang bukti ikut terbakar,” kata Kapolres Kotamobagu, AKBP Irham Halid SIK.

Ia belum bisa memberikan keterangan secara pasti kronologis terjadinya kebakaran meski dugaan akibat koresleting listrik.

“Kita masih menunggu tim Labfor Polda Sulut untuk melakukan pemeriksaan,” katanya.

Menurut Irham, pihaknya akan tetap melakukan pelayanan kep masyarakat. Untuk sementera, kata mantan Kapolres Bolaang Mongondow Timur ini, Mapolres dipindahkan ke bekas gedung Universitas Dumoga Kotamobagu.  

“Sudah mendapat izin pakai dari Pemkot Kotamobagu di eks gedung UDK,” ujarnya.

Penulis: Rahmat Putra