BOLSEL – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, Senin (24/1/2022). Vaksin perdana yang dilaksanakan di SDN 1 Molibagu, Kecamatan Bolaang Uki ini dibuka oleh Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt.

Pemerintah daerah menargetkan jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 6.377 anak. Jumlah ini dihitung dari siswa yang mengenyam pendidikan sekolah dasar di seluruh Kabupaten Bolsel.

Iskandar menyampaikan vaksinasi anak di Bolsel menjadi sangat penting mengingat kembalinya sistem pendidikan secara tatap muka.

“Karena sudah mulai pembelajaran tatap muka, maka vaksinasi untuk siswa SD menjadi sangat krusial,” kata Kamaru saat sambutan pembukaan vaksinasi.

Di SDN 1 Molibagu, di hari pertama vaksinasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Bolsel, selaku pihak yang bertanggung jawab pada pelaksanaan program ini menargetkan sebanyak 89 siswa yang akan di vaksin. Menariknya, putra dari bupati sendiri menjadi pertama yang di vaksin.

Pihak Dinkes maupun Disdik secara bertahap akan menyelesaikan vaksinasi hingga bulan Maret mendatang.

“Ini adalah vaksinasi dosis 1 untuk siswa SD dan dilakukan bertahap hingga target dituntaskan awal Maret tahun ini,” kata Kepala Dinkes Bolsel, dr Sadli Mokodongan.

Kepala Disdik Bolsel, Rante Hatani meminta adanya kerjasama yang baik dengan orang tua maupun wali dari siswa-siswi agar vaksinasi terlaksana dengan baik.

“Vaksinasi ini telah disosialisasikan dan terkonfirmasi dengan baik ke seluruh orang tua siswa sehingga tidak ada penolakan,” kata Hatani.

Vaksinasi perdana untuk anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan turut dihadiri oleh Kapolres Bolsel beserta jajaran, Danramil 1303 Bolaang Uki beserta jajaran, Sekda Marzanzius Arvan Ohy, para asisten Sekda, Pimpinan OPD dan beserta Kepala SDN 1 Molibagu bersama guru dan siswa.

Editor: Rahmat Putra