Bupati saat memberikan sambutan (Foto: Dinas Kominfo Bolsel).

BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Iskandar Kamaru SPt menutup kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kabupaten Bolsel, Rabu (8/12/2021) di Kompleks Perkantoran Panango, Desa Tabilaa, Kecamatan Bolaang Uki.

Pelaksanaan Latsar CPNS yang bekerjasama dengan kantor BPSDMD Provinsi Sulawesi Utara ini didasarkan pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 2012 tentang PNS yang bertujuan untuk membangun moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter keperibadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Dalam sambutannya bupati berpesan agar para CPNS bisa menjaga disiplin, profesionalitas, loyalitas serta integritas dalam bekerja.

Lanjut bupati, Latsar sifatnya wajib karena untuk memberikan pengetahuan demi pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian, dan etika CPNS. Juga sebagai pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan Negara, bidang tugas, dan budaya organisasi agar mampu melaksanakan tugas dan peran dengan baik.

“Nantinya ketika kembali ke SKPD masing-masing, ilmu yang didapat di latsar dapat diaplikasikan dan diimplementasikan di tempat kerja,” jelasnya.

Disampaikannya pula, nantinya pada tanggal 3 Januari 2022 mendatang seluruh peserta akan diresmikan menjadi PNS 100 persen.

Laporan kepala BKPSDM Bolsel, Ahmadi Modeong mengatakan, peserta Latsar yang berjumlah 150 orang yang terdiri dari 149 peserta dari Pemkab Bolsel ditambah dengan 1 peserta berasal dari Kabupaten Minahasa Tenggara dinyatakan Lulus.

Dijelaskannya lagi, para peserta mengikuti Latsar selama 51 hari dengan kegiatan 18 hari on kampus, kemudian 30 hari melakukan aktualisasi, sedangkan 3 hari mengikuti ujian aktualisasi.

Penutupan Latsar CPNS 2021 turut dihadiri oleh Sekda Bolsel Marzanzius A Ohy, para Asisten Sekda dan pimpinan OPD.

Advertorial