BOLTIM – Warga masyarakat Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kini mulai menikmati jaringan internet.

Desa tersebut selama bertahun-tahun tak disentuh jaringan seluler serta internet. Berkat usaha BUMDes setempat, kini warga tak lagi terisolasi dengan fasilitas ‘kekinian’ tersebut.

“Saat ini sudah ada enam titik hotspot terpasang dengan radius capai 300 meter dengan menggunakan pemancar,” kata Ketua BUMDes Mobantung, Desa Matabulu, Pilkam Damulawan.

Pilkam menjelaskan, untuk bidang usaha internet, BUMDes yang dia pimpin menerima hibah dana desa sebesar Rp 90 juta lebih.

Pihaknya mengusulkan penambahan anggaran pada perubahan APBDes 2021 untuk meningkatkan jangkauan, kapasitas dan kecepatan akses internet.

“Kita mengusulkan penambahan sebesar Rp 45 juta,” ketusnya

Dijelaskannya lagi, pembukaan akses internet disambut gembira warga.

“Ya, karena selama ini desa kita tidak tersentuh jaringan internet, warga senang dan usaha ini pula berkat masukkan-masukkan dari warga,” ungkapnya.

Di bidang usaha ini, lanjut Pilkam, BUMDes Mobantung diproyeksikan akan menyumbangkan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp 60 juta di tahun 2022.

Sebelumnya, BUMDes ini telah menyumbang Rp 17 juta PADes dari bidang usaha simpan pinjam tahun 2019.

“Kita berupaya untuk terus meningkatkan PADes dengan memaksimalkan pengelolaan bidang-bidang usaha yang ada,” pungkasnya.

Penulis: Aditya Lasambu