MANADO – Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Deddy Abdul Hamid mewakili Bupati, Hi Iskandar Kamaru SPt, membuka secara resmi Tes Assesment Dalam Rangka Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolsel. Tes ini dilaksanakan di Hotel Aston Manado, Jumat (29/10/2021).

Wabup Deddy menyebut tes assesment merupakan salah satu rangkaian tahapan uji kompetensi atau job fit, yang nantinya akan dilanjutkan dengan penelusuran rekam jejak, penilaian makalah dan wawancara oleh panitia seleksi. Untuk diketahui, ada 15 jabatan tinggi pratama yg diujikan pada kesempatan ini.

Uji kompetensi ini dilakukan dengan melibatkan para akademisi dari perguruan tinggi agar dapat melakukan pemetaan sehingga ditemukan aparatur pejabat yang diyakini memahami tanggungjawab dan tugas pokoknya, memiliki kompetensi untuk melakukan inovasi leadership serta dapat mempercepat pencapaian visi dan misi pemerintah daerah.

“Karena itu, pelaksanaan assesment menjadi salah satu cara yang efektif untuk menggali profil kompetensi seseorang terutama sebagai proyeksi untuk menduduki jabatan tertentu,” kata Wabup.

Ia melanjutkan. beberapa simulasi yang diterapkan diatur untuk memperoleh hasil yang diharapkan, yaitu dapat memotret profil kompetensi peserta secara objektif dan menemukan sesorang yang layak untuk menduduki jabatan tinggi pratama guna mendukung kemajuan Pemkab Bolsel.

Karenanya, Wabup minta para peserta mengikuti seluruh tahapan kegiatan dengan baik dan penuh keikhlasan, agar benar-benar dapat dipotret kepemimpinannya.

Turut hadir Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, MAP selaku Ketua Pansel, Tim Assesor dari PPSDM Kemendagri Regional Makassar, para pimpinan )PD dan peserta kegiatan.

Adertorial