BOLSEL – Virus corona telah menjadi momok yang menakutkan bagi semua kalangan di dunia. Sejak merebak pada bulan Maret 2020, hampir seluruh negara fokus untuk memerangi virus asal China ini.

Hal ini berlaku juga di Indonesia. Pemerintah menempatkan diri menjadi garda terdepan dalam upaya pencegahan dan penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19). Upaya ini berjenjang hingga ke tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan hingga pemerintahan di tingkat desa dan kelurahan.

Tak ketinggalan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara. Meski belum pernah ditetapkan menjadi zona merah penyebaran Covid-19, namun angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 terbilang banyak hingga mencapai ratusan.

Data terakhir dari Satuan Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Utara, angka terkonfirmasi positif di Bolsel mencapai 381 orang dengan rincian 362 sembuh, 10 meninggal dan 9 sedang di rawat.

Kondisi ini tidak mengurangi perhatian pemerintah setempat. Bahkan Pemkab Bolsel lebih meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan melibatkan berbagai pihak.

Hal ini terbukti dengan pertemuan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Bolsel di Grand Luley Resort Manado pada Selasa (22/9/2021). Pertemuan yang turut dihadiri oleh Bupati Bolsel, Hi Iskandar Kamaru SPt ini dalam rangka Penguatan Strategi dan Sinergitas Kemitraan Lintas Sektor dan Lintas Program dalam upaya Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

“Kita jangan kendor dan tetap serius dalam penanganan Pandemi. testing, tracing dan treatment wajib untuk terus kita laksanakan,” ujar Iskandar.   

Dalam arahannya, Iskandar juga menyebutkan target vaksinasi untuk 52.695 warga Bolsel harus tercapai minimal 80 persen di akhir tahun 2021.

“Tujuannya agar terbentuk herd immunity dalam masyarakat,” imbuhnya.

Selain menyamakan persepsi lintas sektor pemerintahan di daerah dalam memaksimalkan penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19, dalam kegiatan yang turut dihadiri oleh Kadis Kesehatan Dr Sadly Mokodongan, Kadis Capil Gunawan Otuh, Kadis Kominfo Aldy Gobel, Kabag Prokopim, para camat dan peserta kegiatan tersebut, bupati bersama beberapa pemangku kepentingan di Bolsel melakukan penandatanganan komitmen percepatan vaksinasi.

Pemkab Bolsel melalui kegiatan ini juga memberikan reward kepada PKM dan pemerintah kecamatan atas berbagai capaian dalam bidang kesehatan.

Berikut masing-masing penghargaan yang diberikan dan pencapaian hasil:

– Cakupan vaksinasi terbanyak (Kec. Bol-Uki)
– Petugas TB terbaik (PKM Duminanga)
– Petugas Imunisasi terbaik (PKM molibagu)
– Petugas PTM terbaik (PKM Mamalia)
– Petugas Survailance (PKM Molibagu).

Advertorial