KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kotamobagu terus melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Hal ini di ambil mengingat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah tinggal beberapa hari lagi.

Kepala Bidang Peternakan, Distankan Kotamobagu, Samsul Hidayat Lasena mengatakan, sebelum memasuki bulan ini pihaknya telah melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban seperti sapi maupun kambing.

“Kita sudah menyiapkan tim untuk melaksanakan pemantauan kantong-kantong ternak yang ada di seluruh wilayah Kota Kotamobagu, seperti pasar jual beli ternak sapi yang ada di Gogagoman dan pasar ternak kambing yang tersebar di sejumlah titik,” katanya, Rabu (14/7/2021).

Lanjut dia, untuk mempermudah proses pemantauan kesehatan hewan kurban, pihaknya juga telah melayangkan surat kepada seluruh lurah dan sangadi se-Kotamobagu.

“Kita juga sudah menyurat ke desa dan kelurahan yang ditandatangani Sekda perihal permintaan data hewan kurban yang akan disembelih di desa dan kelurahan,” ujarnya.

Tambahnya, tujuan pihaknya menyurat ke desa dan kelurahan agar mempermudah proses pemeriksaan kesehatan hewan yang akan disembelih pada hari raya kurban nanti.

“Jadi kita kantongi dulu data jumlah berapa hewan yang akan disembelih dan datanya itu kita tunggu paling lambat tanggal 19 Juli nanti, atau sehari sebelum hari raya,” terangnya.

Lanjut dia, dalam pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan kurban tersebut, pihaknya telah melibatkan sejumlah unsur terkait.

“Selain di back-up dokter hewan, ada juga tim penyuluh di masing-masing wilayah yang akan membantu proses pemeriksaan hewan kurban nanti,” tutupnya.

Penulis: Vikar Embo