KOTAMOBAGU – Kepala-kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Kotamobagu menghadiri Sosialisasi Pengenalan dan Penggunaan Aplikasi Kas Daerah (Kasda) online. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Kamis (10/6/2021), merupakan tindaklanjut dari memorandum of understanding (MoU) pengelolaan kas daerah antara Pemkot dan BSG beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu, Sugiarto Yunus, mengatakan aplikasi ini akan digunakan setiap SKPD di Kotamobagu.

“Ini tidak lanjut dari MoU pengelolaan kas daerah dengan BSG. Kas daerah Kotamobagu itu kan di BSG, jadi tidak lanjutnya seperti ini,” kata Sugiarto.

Lanjutnya, dengan adanya gerakan nasional non tunai, maka bank pihak BSG berusaha berinovasi untuk pelaksanaan gerakan non tunai ini.

“Kalau dulunya non tunai itu fokusnya di bendahara umum daerah di keuangan, SKPD ajukan berkas, kita cair, langsung masing-masing kita pindah buku, jadi kalau kayak misalnya ada tagihan gaji atau tambahan penghasilan itu dari kita yang distribusi ke rekening pribadi masing-masing pegawai,” unjarnya

Tambahnya, dengan adanya Aplikasi ini, maka setiap SKPD bisa langsung mendistribusikan ke rekening masing – masing.

“Sudah bisa distribusi langsung ke rekening masing-masing SKPD karena sudah memegang password dan user sendiri untuk aplikasi ini. Jadi memang bakalan sunyi, sunyi bukan dalam arti tidak ada customer-nya, kan bank sulut itu fokusnya ke pelayanan kas pemda, selain melayani customer yang umum. Artinya yang banyak antri sebenarnya di bank sulut itu dari pemda, nah kalau sekarang ada aplikasi ini tidak lagi seperti itu,” tutupnya.

Kegiatan ini dibagi dalam 3 kelas, kelas pertama dimulai dari jam 8 sampai jam 12, dilanjutkan untuk kelas ke dua pada jam 1 sampai jam 5, dan untuk kelas ke 3 akan dilaksanakan besok hari, Jumat (11/6/2021).

Penulis: Vikar Embo