SEPAK BOLA – Pertemuan antara Belgia vs Portugal di babak knock out 16 besar Euro 2020 (2021) menjadi salah satu pertandingan yang dinanti. Pasalnya, Belgia yang menyandang status peringkat satu FIFA ini menjadi salah tim yang di unggulkan. Tentunya, Portugal yang bersatus juara bertahan menjadi favorit juara juga.

Keduanya di jadwalkan bertemu pada Senin (28/6/2021) pukul 02.00 WIB dini hari nanti di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol.

Jika berkaca pada sejarah, Belgia tak perlu khawatir. Tim besutan Roberto Martinez ini memiliki rekor pertemuan lebih baik dari Portugal sepanjang 18 kali pertemuan. Dengan hanya kalah 6 kali. Sisanya, 5 kali Belgia menang dan 7 pertandingan berakhir imbang.

Keunggulan lain tim setan merah julukan Belgia, dalam lima pertemuan terakhir, Belgia tak pernah kalah. Meski tim besutan Fernando Santos lebih berprestasi dalam lima tahun terakhir, Lukaku cs sulit ditumbangkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Disisi lain, Romelu Lukaku menjadi pesaing ketat Cristiano Ronaldo soal ketajaman mencetak gol.  Sejauh ini, dari tiga pertandingan Euro 2020, Lukaku mengoleksi tiga gol, sedangkan Ronaldo lima gol. Bedanya, Ronaldo membukukan tiga gol dari lima gol itu lewat penalti, adapun Lukaku tercipta lewat permainan terbuka.

Persaingan dalam urusan mencetak gol bagi keduanya sudah berlangsung di serie A Italia. Ronaldo meraih sepatu emas alias top skor, sedangkan Lukaku dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Hal lain yang mempengaruhi Portugal tak bisa tampil gemilang dalam Euro 2020 kali ini adalah pertahanan. Sejauh ini,tim dengan julukan Seleccao das Quinas itu telah kebobolan 6 gol dari 3 pertandingan. Sedangkan Belgia baru kebobolan 1 gol pada pertandingan fase grup.

Penulis: Rahmat Putra