BITUNG – Kebakaran yang terjadi di Kompleks Pasar Tua, Kecamatan Maesa, Bitung, Sulawesi Utara pada Rabu (23/6/2021) pekan lalu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Selasa (29/06/2021), Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru bersama Wabup Deddy Abdul Hamid didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab mendatangi lokasi kejadian untuk mengantar langsung bantuan kepada korban bencana kebakaran.

Bupati bersama rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota bersama jajarannya. Dikesempatan ini Iskandar menyerahkan bantuan berupa 54 koli beras dan uang tunai Rp50 juta.

Menurut Maurits, para korban membutuhkan air bersih, perlengkapan mandi berupa handuk, perlengkapan bayi berupa Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon, pakaian dalam pria dan wanita serta lotion anti nyamuk.

“Kondisi pengungsian sangat memperihatinkan karena bangunan rumah warga di kompleks ini sangat berhimpitan, sehingga sisa puing-puing kebakaran masih berserakan,” tutur Maurits sembari berterima kasih atas bantuan dari Pemkab Bolsel

Dikesempatan yang sama, Iskandar menyampaikan bahwa derita warga yang terdampak bencana kebakaran di Kota Bitung juga merupakan derita warga Bolsel.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dengan baik bagi warga terdampak,” harapnya.

Lanjut Kamaru, Pemkab Bolsel masih akan terus memberikan kepada warga korban bencana.

Diketahui, kebakaran yang terjadi di Lingkungan IV, Kelurahan Bitung Tengah atau Kompleks Pasar Tua, mengakibatkan ratusan rumah dan satu masjid terbakar. Kobaran api melalap habis bangunan di kawasan pasat penduduk  tersebut.