KOTAMOBAGU – Di Kota Kotamobagu terdapat beberapa traffic light (lampu lalulintas) yang rusak. Melihat hal ini, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kotamobagu memandang perlunya segera memperbaikinya sehingga kembali normal.

Kepala Dishub Kotamobagu, Nasli Paputungan mengaku telah menganggarkan dana sebesar Rp49 juta untuk perbaikan traffic light. Namun, dana yang disediakan melalui APBD itu dirasa belum mencukupi untuk perbaikan keseluruhan traffic light.

“APBD perubahan kan tinggal 2 bulan lagi, sementara dana yang sudah tertata di APBD induk hanya Rp49 juta, itu kalau kita paksakan cuma untuk pembiayaan baterai hanya saja, karena banyak komponen-komponennya yang harus diganti. Untuk 3 traffic light itu kita membutuhkan dana sekitar Rp400 juta,” kata Nasli, Selasa (8/6/2021)..

Ia melanjutkan, selain memperbaiki kerusakan, fungsi kerja traffic light akan disambungkan langsung ke aliran listrik.

“Rencananya itu kita akan sambungkan ke aliran listrik biar awet, dan tidak akan bermasalah lagi seperti yang ada di simpang empat Kotobangon dan simpang empat depan masjid agung baitul makmur,” ujar Nasli.

Di Kotamobagu terdapat 5 titik traffic light. Tetapi saat ini hanya di Kotobangon dan di depan masjid Baitul Makmur yang berfungsi baik. Sedangkan di simpang empat Kelurahan Mogolaing, Molinow dan Matali, sudah tidak berjalan sebagaimana fungsinya.

Penulis: Vikar Embo