MANADO – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, H Iskandar Kamaru SPt menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2021-2026, Selasa (29/06/2021). Kegiatan yang digelar di Hotel Luwansa, Manado, dibuka langsung oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Gubernur dalam sambutan pembukaan menyampaikan beberapa permasalahan aspek hukum dan tata kelola pengelolaan aset yang belum optimal, kurangnya inovasi pelayan publik dan lemahnya pelaksanaan penegakan peraturab daerah (Perda).

Olly Dondokambey juga menyampaikan tentang isu strategis skala Nasional dan Internasional yang bisa membawa Sulut maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia ke Asia Pasifik sesuai dengan visi dan misi tahun 2021 hingga 2026.

Ia juga menjabarkan poin-poin yang menjadi target Sulut kedepan, antaranya:

1. Pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dampak pandemi Covid-19.

2. Pembangunan dan perluasan konektivitas.

3. Meningkatkan sarana pendidikan yang layak dan adaptif teknologi serta dukungan serta dukungan bagi generasi milenial

4. Meningkatkan soliditas dan peran tokoh agama dalam menjaga harmonisasi kerukunan yang telah terbina dengan baik.

5. Melanjutkan dan meningkatkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan.

6. Melanjutkan dan meningkatkan kualitas sektor pariwisata.

7. Percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)

8. Memperbanyak fasilitas pelayanan kesehatan.

9. Iklim investasi dan usaha yang makin kondusif dengan kemudahan regulasi dan sistem perizinan.

10. Percepatan transformasi digital dalam pelayanan publik.

Kepala Pusat Litbang Administrasi Kewilayahan, Pemerintahan Desa dan Kependudukan Kemendagri Drs Sugeng Haryono, turut hadir secara virtual bersama pihak Bappenas. 

Dikesempatan ini Sugeng menyampaikan apresiasi sangat besar atas terselenggaranya kegiatan tersebut karena ini merupakan salah satu perwujudan janji yang bertujuan untuk pencapaian visi misi kepala daerah.

Sementara itu, masih dalam rangkaian Musrenbang, Iskandar Kamaru beserta kepala daerah atau perwakilan dari daerah lainnya turut melakukan penandatanganan berita acara RPJMD sebagai bentuk sinergi antara pemerintahan di wilayah Sulut.

Turut hadir Wagub Steven Kandouw, Ketua DPRD Sulut Fransiskus Silangen, para Asisten Sekda Provinsi Sulut,  bupati dan wali kota serta Kepala Bappeda kab/kota seSulut.

Advertorial