KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kota Kotamobagu mengimbau pemilik perusahaan di Kotamobagu terkait Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan agar dibayarkan selambat-lambatnya sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Hal ini di sampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Kotamobagu, Imran Tungkagi, Senin (3/5/2021).

Menurut Imran, ini perlu diperhatikan sebagaimana sesuai surat edaran Mentri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan.

“Edaran terkait THR pekan kemarin sudah kami edarkan ke perusahaan dan pemilik usaha dan itu sesuai dengan surat edaran menteri ketenagakerjaan, jadi H-7 idul fitri, mereka harus membayarkannya ke para pekerja dan buruh,” ujarnya.

Diketahui Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah dalam surat edaran nomor M/6/MK.05/IV/2021, yang tertanggal 12 april 2021 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2021 bagi pekerja dan buruh di perusahaan menyebutkan, pemberian THR sebagai upaya memenuhi kebutuhan pekerja, buruh dan keluarga mereka dalam merayakan hari raya keagamaan, yang dasarnya peraturan pemerintah nomor 36 tahun 2021 tentang pengupahan dan permen ketenagakerjaan nomor 6 tahun 2018 tentang THR keagamaan bagi pekerja/buruh di perusahaan, serta harus dipenuhi pengusaha.

Editor: Vikar Embo