MANADO – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk ke delapan kalinya di ganjar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPKP Sulawesi Utara. Pengumuman disampaikan pada saat penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) di kantor BPKP Sulut, Manado, Senin (3/5/2021).

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto SSos yang hadir pada kegiatan memberikan apresiasi kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup pemerintah kabupaten.

“Capaian WTP ini bukan semata-mata hanya karna Bupati dan Wabup, tapi berkat kehebatan seluruh SKPD yang sudah bekerja luar biasa demi mempersembahkan opini WTP kepada masyarakat Boltim. Untuk itu, syya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh SKPD dibawah komando Sekda,” kata Sachrul yang turut didampingi Wabup Boltim, Oskar Manoppo SE MM.

Oskar ikut membenarkan yang disampaikan bupati. Menurut dia, solidnya kerjasama antar SKPD menjadi bukti atas apa yang dicapai hari ini.

“Meskipun masih ada 14 item yang menjadi catatan BPK baik dari belanja, pendapatan, maupun aset, namun itu akan kita perbaiki lagi kedepan,” kata Manoppo.

Turut hadir bersama bupati dan Wabup, yakni Ketua DPRD Boltim Fuad Landjar dan Sekda Boltim, Ir Sonny Warokka PhD.

Sebelumnya, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sulut Karyadi SE MM saat menerima LKPD Boltim pada 8 Maret 2021 lalu mengatakan bahwa Laporan Keuangan merupakan bentuk pertanggungjawaban akuntabilitas pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah.

Ia juga mengapresiasi upaya
pemerintah daerah dalam pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan sehingga secara keseluruhan mengalami kenaikkan yang signifikan dimana telah mencapai 75 persen.

“Diharapkan pemerintah daerah terus berusaha meningkatkan penyelesaian tindak lanjut rekomendasi hasil pemeriksaan,” ucap Karyadi.

Editor: Rahmat Putra